Proses Pembentukan Tanah Secara Singkat Lengkap Beserta Jenisnya

Tanah adalah salah satu elemen yang penting bagi semua makhluk hidup terutama yang ada di bumi ini, karena hal ini disebabkan tanah sebagai pendukung hidupnya berbagai macam-macam tumbuhan dan mempunyai unsur hara dan air, selain itu mampu menopang akar tumbuh tumbuhan, strukrur tanah yang berongga juga bisa membuat tempat untuk akar tumbuhan mudah bernafas.

Lalu apakah Anda sudah mengetahui tentang proses pembentukan tanah dan juga jenis – jenis tanah yang ada di Negara Indonesia ini ?? Bila belum mari kita simak artikel ini dengan seksama.

proses pembentukan tanah dalam bumi

Jenis – Jenis Tanah di Indonesia

Sebelum mengetahui proses pembentukan tanah mari kita lihat jenis – jenis tanah yang tersebar di wilayah Indonesia ini.

  1. Tanah Humus
  2. Tanah Litosol
  3. Tanah Gambut
  4. Tanah Kapur
  5. Tanah Aluvial
  6. Tanah Andosol
  7. Tanah Grumusol
  8. Tanah Laterit
  9. Tanah Regosol
  10. Tanah Latosol

Nah itulah jenis jenis tanah yang tersebar diwilayah Indonesia dan meri kita perhatikan tantang proses pembentukan tanah.

Panas yang sering kita rasakan, menurut sains berasal dari mana? Temukan jawabannya di artikel mengenai Sumber Energi Panas
Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan? Inilah Website yang paling cocok dan teraktual, dan untuk mendapatkan tulisan bermanfaat lainnya. Silahkan Anda kunjungi website terbaik kami di www.draftgorenh.com

Proses Pembentukan Tanah

Proses pembentukan tanah itu dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor akan tetapi yang paling umum proses pembentukan tanah itu di pengaruhi oleh empat faktor yaitu sebagai berikut.

1. Proses Pelapukan Batuan

Pelapukan batuan adalah suatu peristiwa hancurnya massa bebatuan baik secara fisik, biologi, maupun kimiawi. Pada proses pelapukan batuan ini membutuhkan waktu yang cuckup lama, yang dimana setiap proses pelapukannya ini di pengaruhi oleh iklim dan cuaca di sekitar bebatuan tersebut hingga batu menjadi tanah berikut pelapukan batuan tersebut.

  • Pelapukan Kimiawi Faktor kimiawi itu sangat di pengaruhi oleh hujan asam yang sering terjadi pembentukan bumi, hujan asam ini terjadi sangatlah sering sehingga membuat pelapukan bisa terjadi ketika batu batuan yang letaknya letaknya lebih dalam.
  • Pelapukan Fisik Pelapukan jenis ini sangat di pengaruhi oleh perbedaan temperatur dan juga iklim yang secara drastis, sehingga membuat batuan akan mengalami perpecahan. Dan perlu Anda ketahui bahwa dalam pelapukan fisik struktur kimia yang ada di dalam batuan tidak akan berubah sama sekali oleh sebab itu mineral yang ada di kandungan bebatuan masih tetaplah sama.
  • Pelapukan Biologi Pelapukan biologi ini terjadi karena disebabkan oleh makhluk hidup, proses ini akan terus menerus berlangsung ketika tanah sudah mulai membentuk. Dan proses ini dapat dikatakan sebagai pelapukan penyempurna pembentukan tanah.

Banyak faktor proses pembentukan tanah, namun pada umumnya faktor proses pembentukan tanah di pengaruhi 4 faktor seperti berikut

  1. proses pelapukan
  2. proses pelunakan
  3. proses tumbuhnya tumbuhan perintis
  4. proses penyuburan

2. Proses Pelunakan Struktur Batuan

Proses pelunakan struktur batuan ini juga membutuhkan waktu yang lama seperti proses pelapukan, pada proses yang satu ini setelah batuan pecahan yang di hasilkan oleh proses pelpaukan akan mengalami proses pelunakan. Dalam proses hal ini air dan udara akan memiliki peranan yang besar karena akan masuk kedalam rongga rongga batuan dan merembes lalu akan mengalami pelunakan pada batuan tersebut.

pembentukan struktur batuan tanah

3. Proses Tumbuhnya Tumbuhan Perintis

Setelah proses pelapukan dan proses pelunakan, proses selanjutnya yang menjadi faktor pembentuk tanah yaitu dengan tumbuhnya keanekaragaman tumbuhan perintis, yang dimasud tumbuhan perintis disini adalah tumbuhan yang akarnya lebih besar dari lumut sehingga akar tadi masuk kedalam batuan yang lunak dan akan memecah batuan tersebut.

4. Proses Penyuburan

Proses penyuburan ini merupakan proses terakhir dalam pembentukan tanah, dalam proses ini tanah yang terbentuka akan mulai mengalami proses – proses pengayaan, yang sebelumnya mempunyai mineral – mineral dari proses pelapukan akan bertambah subur dengan adanya pelapukan organik yang berasal dari binatang atau tumbuhan yang mati di permukaan, dan dalam hal ini mikroorganisme tanah merupakan peranan penting dalam proses pemebentukan tanah.

Nah itulah penjelasan singkat dan lengkap tentang proses pembentukan tanah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, sekian Terimakasih.