Menjaga Sistem Imunitas/Kekebalan Aktif Buatan Adalah Kewajiban Ibu & Keluarga

Mendekati bulan puasa, sudah saatnya kita meningkatkan imunitas tubuh seluruh anggota keluarga kita. Lebih-lebih jika di rumah ada anak-anak yang masih kecil, yang tentunya membutuhkan asupan gizi tambahan yang seimbang.

Selain anak-anak, anggota keluarga lain seperti ayah yang bekerja seharian juga tentunya sangat perlu meningkatkan sistem imun, karena sebagai tulang punggung keluarga, perannya sangat krusial demi keharominasan keluarga.

Dan yang tidak kala penting, Ibu-ibu juga memiliki peran yang meningkat. Karena selain memastikan seluruh anggoto sehat, ibu juga mesti menjaga pola hidupnya agar kekebalan tubuhnya senantiasa terjaga.

Lebih-lebih di masa pandemi sekarang ini. Kita tidak boleh lengah dengan kondisi tubuh yang menurun, puasa memang menjadi tempat seorang muslim untuk menguji keimannnya agar bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain yang kurang beruntung.

Imunitas Alami dan Buatan

imunitas alami dan buatan

Kekebalan Alami

Imunitas alami didapat ketika manuasi lahir, ini merupakan anugerah Allah Subhanahu Wata’ala kepada umat manusia. Setiap orang dibekali dengan imunitas alami yang ada di dalam dan luar tubuh.

Komponen pada sistem imun alami yaitu kulit, enzym mata, dahak, cairan asam lambung dan sel darah putih. Semua zat ini akan merespon ketika tubuh mengalami serangan imunitasnya. Terutama ketika ada patogen yang ada ditubuh atau ada serangan patogen dari luar tubuh.

Sistem imunitas tubuh manusia dibentuk oleh tubuh sendiri karena pada dasarnya kita memiliki antibodi alami yang otomatis merespon ketika tiba-tiba hormon manusia berubah, contohnya saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan.

Kekebalan Aktif Buatan

Kekebalan aktif buatan adalah salah satu langkah yang bisa kita upayakan agar ketika kekebalan alami tidak mampu menghadapi patogen secara alami. Baik imunitas alami dan buatan ini sama-sama dibutuhkan oleh manusia.

Minggu kemarin, kami mendapat undangan mengikuti seminar bertajuk “Mama Sigap Jaga Imunitas Keluarga” Bersama dr. Inggrid Tania, M.S.i. selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional (PDPOT) dan Apt. Agie Avianico Gaudart, S.Farm selaku Brand Manager Imugard”.

perbedaan kekebalan aktif dan pasif

Tema penting yang dibahas pada seminar ini yaitu tentang immunomodulator, yaitu zat yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisma pertahanan alamiah maupun adaptif mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Menurut dr. Inggrid Tania, M.Si.

Selain immunomodulator, ada juga immunostimulan dan immunosupresif. Immunostimulan yaitu senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen sistem imun dengan diberikan untuk meningkatkan respon imun terhadap suatu penyakit atau infeksi.

Perbedaan Kekebalan Aktif dan Pasif

Kekebalan tubuh sendiri ada yang aktif dan ada juga yang pasif. Perbedaan kekebalan aktif dan pasif yaitu jika sistem imunitas alami tidak berhasil bekerja dengan efektif, maka yang bekerja selanjutny adalah sistem imunitas spesifik.

Contoh zat immunomodulator ada pada Echinache, di indonesia terkandung pada tanaman herbal meniran. Manfaatnya bisa memberikan stimulasi sistem imun dan mempercepat penyembuhan sakit cacar. Meniran sendiri telah melewati uji klinis mampu memperbanyak sel-sel imun.

Selanjutnya, Brand Manager Imugard yang juga seorang Apoteker Apt. Agie Avianico Gaudart, S.Farm menjelaskan tentang kelebihan Indonesia yang kaya akan tanaman sumber immunomodulator. Seperti meniran, daun kelor dan kunyit. Kandungan Immugard sendiri berasal dari 3 tanaman herbal ini.

Daun kelor dikenal sebagai sumber nutrisi alami yang dapat digunakan untuk membantu mengobati gizi buruk. Ada senyawa flavanoid yang mampu meningkatkan immunitas tubuh. Perpaduan meniran dan daun kelor ekstrak pada immugard adalah ramuan yang pas untuk meningkatkan imunitas tubuh.

kekebalan aktif buatan adalah

Kunyit memiliki kelebihan penting dalam dunia perjamuan di Indonesia, yaitu membantu meningkatkan sel T, Natural Killer & Makrofag. Secara keseluruhan berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dan anti inflamasi.

Manfaat produk Immugard dari Deltomed ini sangat lengkap, karena memadukan 3 ekstrak herbal pilihan. Aman untuk dikonsumsi jangka panjang, sehingga bisa diminum setiap hari. Anak-anak usia 12 tahun keatas, sudah bisa mengkonsumsi obat ini. Mengkonsumsi 2 kaplet perhari, untuk kesehatan keluarga. Yuk tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi obat herbal, berbahan tradisional, khasiatnya internasional.