Apa yang Menjadi Objek Pengamatan IPA

Soal: Apa yang Menjadi Objek Pengamatan IPA? Jawabannya

Objek pengamatan dalam ilmu pengetahuan alam (IPA) sebenarnya bisa dijawab dengan 2 pembagian. Yang pertama, obyek pengamatan secara umum, yaitu mencangkup materi IPA. Kedua, objek pengamatan per sub mata pelajaran IPA itu sendiri. Jadi masing-masing pelajaran IPA yaitu biologi, kimia dan fisika memiliki objek pengamatan sendiri-sendiri.

Kalau secara garis besar, apa yang menjadi objek pengamatan IPA ada 2 (dua), yaitu:

  • Pengamatan Kuantitatif

Pengamatan Kuantitatif berarti objek pengamatannya dibantu menggunakan alat pengukuran, dimana hasilnya nanti adalah satuan jenis pengukuran. Misalnya beratnya berapa kilo gram, tingginya berapa centi meter, takaran katalisnya berapa mili liter, dan seterusnya

Objek Pengamatan IPA

  • Pengamatan Kualitatif

Pengamatan kualitatif artinya obyek pengamatan dilakukan hanya dengan bantuan indera saja, tanpa mengacu pada suatu satuan alat ukur. Misalnya binatang sapinya sehat, tanaman kacang tanahnya mengalami kekeringan, reaksinya membeku setelah dicampur, dan sebagainya.

Sedangkan kalau mau dibahas per materi, berikut penjelasannya:

Jawaban dari soal: Apa yang Menjadi Objek Pengamatan IPA? Jawabnya:

Apa yang menjadi objek pengamatan IPA? Kali ini kita akan bahas dari segi mata pelajaran apa dulu IPA-nya.

  • Biologi, objek pengamatannya adalah makhluk hidup dari mulai binatang, tumbuhan, termasuk sampai organisme kecil
  • Kimia, obyek yang diamati adalah yang berhubungan dengan atom dan reaksi antar senyawa
  • Fisika, yang menjadi objek untuk dianalisa adalah benda mati

Apa yang Menjadi Objek Pengamatan IPA

Proses Pengamatan yang Dilakukan dalam Mata Pelajaran IPA

Pengamatan adalah suatu rangkain proses untuk mengamati, memperhatikan dan mengobservasi suatu fenomena alam di sekitar kita menggunakan panca indra. Objek IPA adalah fenomena konkrit yang ada di alam semesta yang memiliki sifat konkrit, dan dapat kita ukur dengan panca indra manusia.

Terdapat juga pembagian obyek apa saja yang diamati dalam pelajaran IPA, yaitu tempat dan cara. Tempat pengamatan, ini berarti dimana proses mengamati itu dilakukan, di luar ruangan atau di dalam ruangan. Jika perlu ruang khusus demi efektifitas analisis, maka dibutuhkan laboratoriun khusus untuk melakukan ini.

Kemudian cara pengamatan, ini kita perlu melakukan metode yang dilakukan oleh ahli ilmiah. Dengan metode yang telah dipelajari secara ilmiah, kita lebih mudah dalam memahami pemikiran yang diamati. Proses pengamatan ini memiliki tahapan sebagai berikut:

Apa Objek Pengamatan IPA

  • Melakukan perumusan masalah
  • Mencari informasi / tinjauan pustaka
  • Membuat hipotesis berdasarkan informasi yang telah didapat
  • Melakukan eksperimen / percobaan
  • Menarik kesimpulan
  • Membuat laporan hasil pengamatan