Cara Melenturkan Karet yang Sudah Keras

Boleh dibilang, karet merupakan salah satu benda yang kerap kita dapati di kehidupan sehari-hari. Bentuk karet yang barangkali pernah dilihat oleh semua orang yaitu karet gelang.

Sifat karet sendiri sebenarnya lentur atau melentur. Tapi, dalam kondisi tertentu, terakadang ia mengeras. Terutama karet-karet baru yang sering saya temui pada karet mobil. Atau pada jenis karet yang sudah dipakai sangat lama.

Nah, pada artikel ini, saya kebetulan ingin menjelaskan tentang cara melenturkan karet yang sudah keras. Sebab, masalah karet yang mengeras merupakan masalah utama yang selalu terjadi pada karet. Sehingga, kegunaannya dianggap berkurang. Padahal, karet yang telah keras dapat melandung lagi.

Oke. Perlu saya discalimer dulu bahwa beberapa cara yang saya sampaikan lewat website ini berangkat dari pengalaman pribadi. Dan hasilnya karet-karet yang mengeras, kemudian menjadi elastis kembali.

Cara melenturkan karet yang sudah keras

  1. Gunakan minyak Gandapura untuk melonggarkan karet

Ini merupakan solusi pertama yang saya gunakan guna mengelukkan kembali karet yang sudah kaku. Meskipun ada beberapa orang yang mengatakan bahwa, menggunakan minyak Gandapura kelak akan mengembalikan karet ke bentuk semula. Tapi, saat itu, saya tetap mencobanya. Dan hasilnya, karet mengendurkan lagi.

Presentasi yang bisa saya informasikan di sini saat mengenakan cara pertama ini, yakni 80%. Sebab kalau minyak ini tidak dicampuri dengan alkohol, tentu karet cenderung akan menjadi ke setelan awal, yakni menjadi tegang lagi atau keras lagi.

Usahakan, saat Anda membeli minyak ini, beli juga alkoholnya agar karet benar-benar melentur lagi. Perihal harga minyak ini, sekitar 150 ribuan. Dan Anda dapat mengorder minyak Gandapura ini melalui marketplace-marketplace ternama, seperti Shopee maupun Tokopedia.

cara melenturkan karet yang sudah keras

Dari hasil percobaan yang saya lakukan, sekitar dua harian lah karet langsung merenggang. Ada juga beberapa kawan saya yang sekira 24 jam karet langsung merebeh.

Sedikit informasi juga bahwa minyak ini agak beracun. Terlebih, asapnya juga sama. Anda harus waspada. Namun, kesimpulannya, minyak ini efektif untuk kita gunakan. Saran saya; coba saja dulu. Sebab, tidak sedikit orang yang memakai minyak ini, lalu hasilnya cukup memuaskan.

  1. Rendam karet yang sudah keras oleh minyak tanah

Cara kedua ini sebenarnya akan membuat karet melebar. Tapi, meski melebar, karet juga malah ikut melemas lagi. Jadi, saya pikir, cara ini juga lumayan bagus untuk Anda aplikasikan. Ditambah lagi, kan, bahan dasar utama karet salah satunya ialah minyak. Sehingga, jika direndam menggunakan minyak tanah, karet akan lentur lagi.

Kalau saya kupas lebih dalam lagi, minyak ini sebenarnya bersifat non polar. Pun karet sendiri sifatnya sama, yakni non polar. Oleh karena sama-sama mempunya karakter yang serupa, maka karet akan melebar dan merenggang lagi.

Untuk cara kedua ini, perlu diingat bahwa saat Anda merendam karet di dalam manyak tanah, Anda jangan kaget ketika melihat ukuran karetnya membesar, bukan hanya melebar saja.

Bagaimana presentasi menggunakan minyak tanah untuk melendutkan karet yang sudah cekang?

Saya kasih 60% saja. Sebab, karet malah lebih terlihat lebar daripada elastis. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu bereksperimen memakai cara kedua ini. Anda saya sarankan, perlu juga melakukannya sebagai bentuk ikhtiar untuk melenturkan karet.

Simak juga artikel kami tentang cara meluruskan rambut dengan lidah buaya, efektif dan lebih alami.

  1. Panaskan karet dalam air panas atau saat keadaan cuaca sedang terik

Cara terakhir yang pernah saya gunakan adalah merendam karet di dalam air panas. Ini cara yang saya pakai saat saya masih kecil. Pada beberapa hal sebenarnya hasilnya bagus. Terutama untuk karet gelang. Namun, untuk karet mobil, karet tetap saja keras.

Dipanaskan dalam keadaan cuaca sedang terik-teriknya juga membutuhkan waktu yang lama. Jadi, cara terkahir ini lebih afdol digunakan untuk karet gelang yang baru dipakai beberapa Minggu saja. Biasanya hasilnya bakal maksimal.

Kesimpulan

Dari ketiga cara untuk memecahkan masalah karet yang sudah keras, saya lebih condong ke cara pertama. Karena, minyak Gandapura memang terbukti bagus. Meski harganya tergolong mahal, tapi minyak tersebut merupakan solusi terbaik untuk melenturkan kembali karet yang sudah keras.

Itulah cara melenturkan karet yang sudah keras berdasar pada pengalaman pribadi. Selamat mencoba!