7 Cara Membuat Boneka dari Tanah Liat

Cara membuat boneka dari tanah liat | Bermain menggunakan boneka adalah hal yang sangat menyenangkan, khususnya bagi anak-anak perempuan, dan bahkan remaja dan dewasa. Namun, Jika anda ingin memiliki sebuah boneka, anda tidak mesti mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkannya, sebab anda  juga bisa membuatnya dengan kreativitas pribadi anda, khususnya dengan menggunakan tanah liat.

Berikut ini adalah cara membuat boneka dari tanah liat yang bisa anda coba, yaitu:

  1. Pilih dan Buatlah sebuah model

Sebelum membuat boneka, Anda perlu memilih model karakter dan menggambar atau memotret gambar karakter yang akan Anda buat sebagai boneka.

Boneka tanah liat yang baik memiliki ukuran sebesar boneka Barbie atau bisa juga lebih kecil. Anda juga bisa membuat gambar pola bentuk umum dari boneka yang akan Anda buat.

  1. Membuat kerangka boneka

jelaskan cara membuat boneka dari tanah liat

Sediakanlah sebuah pipa kecil sesuai kebutuhan lalu potonglah sesuai dengan gambar yang telah anda buat.

Sediakan dan potonglah juga kawat sesuai dengan jumlah potongan pipa yang telah anda buat, namun lebihkan ukuran kawat tersebut satu sentimeter dari panjang pipa.

Anda akan menggunakan potongan kawat-kawat tersebut untuk menjadi rangka lengan, bagiarangka kepala, bagian kaki, bagian tangan, dada, dan juga pinggul atau pangkal paha.

  1. Membuat Alas kerangka boneka

Jika Anda tidak ingin boneka buatan anda terlalu berat dan memboroskan bahan tanah liat. Anda perlu membuat alas untuk kerangka boneka anda dengan bahan lainnya.

Bahan yang banyak digunakan yaitu bubur kertas yang sudah dicampur lem, bubur kertas aluminium atau aluminium foil, dan juga pita.

Cek juga artikel kami tentang cara menghitung luas ruangan yang baik dan benar.

Anda akan perlu untuk menempelkan bahan-bahan tersebut dan membungkuskannya secara berkeliling pada kerangka kawat sebelumnya untuk membentuk otot pada boneka anda.

Pastikan juga bahwa Anda membiarkan beberapa bagian kawat tidak terbalut dan tetap terbuka. Sebab, bagian tersebut digunakan untuk sambungan.

  1. Membalut permukaan rangka Boneka dengan tanah liat

cara membuat boneka dari tanah liat

Balutlah semua bagian rangka boneka dengan tanah liat. Pada Saat memulai ini, Anda tidak perlu terlalu rapih membuatnya. Sbab anda hanya perlu memastikan bahwa bentuk utama dari rangka boneka tidak berubah.

Selain itu, untuk membuat permukaan kulit boneka lebih halus bisa anda lakukan belakangan.

Setelah selesai, anda akan perlu melakukan pengeringan seluruh permukaan bonekanya menggunakan cara diangin-anginkan.

Anda juga perlu ingat bahwa untuk hasil yang memuaskan. Anda lebih bagus hanya membalut satu bagian tubuh boneka saja setiap waktu anda mengerjakannya.

Hal ini karena jika Anda membalutnya sekaligus dalam satu waktu. Maka campuran tanah liat anda akan kering terlebih dahulu sebelum anda selesai.

Baca artikel kami yang membahas cara menghilangkan retak kaca jendela rumah

  1. Menambahkan detail bagian tubuh dan wajah

Pada tahap ini, anda sudah boleh membentuk dan membuat detail bagian wajah,misalnya alis dan mata, bagian hidung, bagian mulut, bagian jari-jari, dll. Untuk membentuk bagian-bagin wajah.

Pada balutan tanah liat bagian kepala boneka anda, Anda akan memerlukan alat bantu ukir pada tahap ini, yaitu seperti pahat ukir atau pisau kecil tajam.

Umumnya, bentuk bagian-bagian wajah pada boneka, khususnya bagian yang berlubang. Mmisalnya mulut dan hidung harus dibentuk dengan pahat, agar bentuknya rapih.

Adapun Bagian lain yang muncul keluar (misalnya hidung), dibentuk terpisah dan setelah terbentuk barulah ditempelkan pada wajah boneka.

  1. Pengawetan dan perawatan

Untuk membuatnya awet dan tahan lama, boneka tanah liat perlu dibakar dalam suhu yang tinggi, lalu kemudian dibiarkan pada udara terbuka atau diangin-anginkan.

Durasi waktu Untuk proses pengeringan atau diangin-anginkan biasanya dibutuhkan waktu selama 2 jam atau bahkan lebih.

  1. Melukis Bagian Tubuh dan wajah

Anda bisa membuat dan melukis bagian-bagian wajah dengan detail misalnya mulut dan mata. Agar boneka anda memiliki tampilan yang lebih menarik dan lebih hidup.

Anda dapat menggunakan cat kuku dan cat enamel, atau dapat juga dengan cat akrilik.

Jika anda kesulitan menggambar mata dan bagian-bagiannya, Anda bisa juga menggantinya menggunakan mata boneka dari plastik, yang bisa anda tempelkan pada kepala.

Lalu di atasnya anda tempeli “kelopak mata” agar membuatnya menarik dan realistis. Anda juga perlu menghindari warna hitam saat menggambar bagian wajah, khususnya mulut dan lain-lain.

Leave a Comment