5 Cara Membuat Globe

Cara membuat globe | Anda bisa Mulai pembuatan globe dengan penyiapan bola dari styrofoam dalam ukuran yang besar dan sesuai. Umumnya, anda bisa mendapat bola jenis ini dari toko penjual kerajinan tangan. Jika anda hanya menemukan bola setengah lingkaran saja, maka belilah dua buah, kemudian rekatkan kedua bagian bola tersebut menjadi sebuah bola utuh.

  1. Anda juga bisa menggunakan bola dari papier mâché atau pun play-dough, yang berwarna biru dan juga hijau.

Gambarlah bentuk semua benua pada permukaannya. Cara paling mudah untuk hal ini adalah dengan mencetak gambar peta bola dunia dari Internet.

Kemudian Potonglah dengan gunting, lalu tempelkan masing-masing bagian mengikuti posisinya pada bola dunia yang terlihat di gambar. Ikuti dan Jiplak gambar peta tersebut dengan polpen, kemudian lepaskan potongan petanya.

  1. Sesuaikan ukuran potongan peta dengan ukuran bola, agar terlihat rapih dan menarik saat anda tempelkan pada globe yang akan dibuat.

Berikan Warna yang sesuai pada bagian daratan dan juga lautannya. Berilah Warna pada bagian benua menggunakan cat berwarna hijau ataupun cokelat pada semua benua, kecuali benua Antartika.

Benua Antartika pada kenyataannya tertutup es dan juga salju, sehingga anda perlu memberinya warna cat putih, agar ia bisa dibedakan dari benua yang lain.

Berikan Warna pada bagian lainnya dengan warna biru, agar menggambarkan bahwa ia adalah wilayat laut. Warna Cat yang sangat cocok bagi stirofoam pada globe buatan ini adalah cat semprot.

Namun, anda juga bisa memakai cat jenis lainnya yang ada, dan bahkan spidol gambar warna-warnipun bisa anda gunakan.

  1. Sebaiknya anda meLakukan proses pengecatan di atas meja yang bagian atasnya sudah terlapisi dengan koran bekas, agar meja dan juga lantai terhindari dari tetesan cat anda.
  2. Catlah satu sisi globe hingga setengahnya, lalu biarkan hingga mengering, kemudian lanjutkan untuk mengecat sisi lainnya.
  3. anda bisa juga memakai foil-aluminium.

Mulailah dengan menempelkan miniatur berbagai benda di permukaan globe model bumi tiruan menggunakan lem tembak.

Tempelkan berbagai miniatur seperti orang, miniatur binatang, pepohonan, bukit, rumah, mobil, dan lain-lain. Anda perlu menempelkan semua miniature tersebut pada miniature daratan dengan menggunakan alat berupa lem tembak.

Namun perlu anda ingat bahwa Anak-anak perlu diawasi oleh orang dewasa ketika mereka  menggunakan alat dan bahan berupa lem tembak dan sejenisnya.

Cara Membuat Globe Lapisan Bumi

cara membuat globe

Anda dapat memBelah bola dari stirofoam menjadi dua bagian. Anda bisa memBeli bola stirofoam ini dari toko penjual kerajinan tangan.

Setelah terbelah, anda bisa membuat bagian-bagian lapisan Bumi dengan warna yang sesuai agar bisa menunjukkan perbedaan tiap lapisannya.

Setelah itu, Anda perlu menempelkan bagian stirofoam yang telah berbentuk setengah ukuran bola, pada bagian bola di stirofoam pertama. Ambillah sisa dari potongan stirofoam tidak terpakai.

Potonglah satu bagian dengan bentuk setengah bola dari tengahnya. Setelah itu, anda perlu menempelkannya pada setengah bola dari model Bumi yang telah ada sebelumnya, yaitu tepat pada tengah dari miniature tersebut agar tampak menonjol.

Bagian Ini merupakan miniature “inti bola bumi pada bagian dalam”, adapun permukaan bola keras akan menjadi miniatur lapisan Bumi bagian permukaan.

Setelah itu, berikan Warna pada  bagian yang menjadi inti bumi dengan cat warna merah ataupun spidol berwarna merah.

Simak juga tulisan kami tentang: cara membuat tangga lipat untuk loteng

Berikutnya, Gambarlah inti bumi pada bagian terluar, beri Warna oranye, lalu beri tulisan “inti-bumi bagian-luar”.

Setelah itu, Gambar pula bagian sisi mantel bumi, beri Warna kuning dan sisakan sedikit bagian tidak berwarna, lalu Beri tulisan “mantel bumi”. Bagian Mantel bumi merupakan bagian yang terdiri:

1) lapisan mantel bumi pada bagian atas yang terdiri atas lapisan batuan keras;

2) Lapisan mantel bumi pada bagian bawah yang terbuat dari lapisan batuan yang cair;

Anda bisa member keduanya warna yang berbeda untuk bisa membedakannya dengan mudah.

Bagian terakhir yaitu bagian “Kerak bumi”, yaitu sebuah lapisan bumi pada bagian permukaan, yang sifatnya tipis dibandingkan lapisan bumi yang lainnya.

Anda bisa beri Warna pada bagian ini menggunakan warna hitam ataupun cokelat. Bagian ini nantinya akan terlihat berbentuk garis tipis pada lapisan permukaan bola bumi.