Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim Berbentuk Rumah – Tutorial DIY

Draftgorenh.com – Ingin membuat kerajinan tangan yang mudah dan menarik? Cobalah membuat rumah dari stik es krim! Selain mudah, kerajinan tangan ini juga bisa menjadi dekorasi unik untuk ruanganmu. Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan:

  • Stik es krim
  • Lem tembak
  • Cutter
  • Acrylic paint
  • Kuas
  • Gunting
  • Kertas pasir
  • Kertas karton

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim Berbentuk Rumah

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim Berbentuk Rumah

1. Membuat bagian atap

Pertama, ambil 10 stik es krim dan potong dua stik es krim menjadi ukuran lebih pendek. Kemudian, tempelkan stik es krim yang lebih pendek di kedua ujung stik es krim yang lebih panjang menggunakan lem tembak. Lakukan hal yang sama untuk tiga pasang stik es krim.

Setelah itu, tempelkan tiga pasang stik es krim yang sudah disusun tadi membentuk segitiga untuk bagian atap rumah. Kemudian, tempelkan stik es krim yang lebih pendek di atas bagian atap sebagai penutup atap rumah. Biarkan lem tembak mengering selama beberapa menit.

2. Membuat bagian dinding

Untuk bagian dinding rumah, tempelkan stik es krim secara vertikal sampai membentuk persegi panjang sesuai dengan ukuran rumah yang diinginkan. Kemudian, tempelkan stik es krim secara horizontal di atas bagian dinding yang sudah disusun sebelumnya.

Ulangi langkah ini sampai dinding rumah terbentuk dan biarkan lem tembak mengering selama beberapa menit.

3. Membuat jendela dan pintu

Gunakan cutter untuk memotong bagian stik es krim yang tidak diperlukan untuk membuat jendela dan pintu. Untuk jendela, buatlah bentuk persegi sesuai dengan ukuran yang diinginkan, kemudian tempelkan kertas transparan di bagian belakang jendela.

Untuk pintu, buatlah bentuk persegi panjang dan potong bagian atas pintu untuk membuat bentuk segitiga. Kemudian, tempelkan stik es krim ke bagian samping pintu untuk membuat engsel. Potong kecil bagian stik es krim untuk membuat gagang pintu.

4. Membuat bagian dasar

Untuk membuat bagian dasar, tempelkan stik es krim secara horizontal di bagian bawah rumah. Kemudian, tempelkan kertas karton di atasnya untuk membuat lantai rumah.

5. Finishing

Setelah semua bagian terpasang dengan rapi, gunakan kertas pasir untuk merapikan sisi-sisi rumah yang kasar. Kemudian, cat rumah dengan acrylic paint sesuai dengan warna yang diinginkan. Tunggu sampai cat mengering dan kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah siap digunakan.

Kesimpulan

Membuat kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah ternyata cukup mudah dan menyenangkan. Dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana, kita dapat membuat kerajinan tangan yang unik dan kreatif. Selain itu, membuat kerajinan tangan juga dapat meningkatkan kreativitas dan kecermatan dalam mengolah bahan.

5 Tips Membuat Kerajinan Tangan Rumah dari Stik Es Krim

1. Siapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kerajinan tangan dari stik es krim, pastikan kamu telah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Selain stik es krim, kamu juga membutuhkan lem, cat, kuas, dan gunting. Pastikan bahan dan alat yang kamu siapkan cukup dan sesuai dengan kerajinan yang ingin kamu buat.

2. Buatlah Pola Rumah yang Ingin Dibuat

Sebelum memulai menempelkan stik es krim, buatlah pola rumah terlebih dahulu. Kamu dapat mencari pola rumah di internet atau membuatnya sendiri. Pastikan ukuran pola yang kamu buat sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan dan jangan lupa untuk mencatat jumlah stik es krim yang dibutuhkan.

3. Tempelkan Stik Es Krim Mengikuti Pola yang Telah Dibuat

Setelah pola rumah telah dibuat, mulailah menempelkan stik es krim mengikuti pola yang telah dibuat. Kamu dapat menggunakan lem untuk menempelkan stik es krim satu sama lain. Pastikan stik es krim ditempel dengan rapi dan tidak ada bagian yang terlebihan.

4. Beri Warna pada Rumah

Setelah stik es krim telah menempel dengan rapi, kamu dapat memberikan warna pada rumah. Kamu dapat menggunakan cat atau spidol untuk memberikan warna pada rumah. Pastikan warna yang kamu gunakan sesuai dengan keinginanmu dan jangan lupa untuk memberikan aksen pada bagian-bagian tertentu seperti pintu dan jendela.

5. Tambahkan Dekorasi pada Rumah

Untuk memberikan kesan lebih pada rumah yang telah kamu buat, kamu dapat menambahkan dekorasi seperti bunga-bunga kecil, potongan kertas warna-warni, atau bahkan lampu mini. Pastikan dekorasi yang kamu tambahkan sesuai dengan tema rumah yang telah kamu buat dan jangan terlalu banyak sehingga terlihat berlebihan.

CARA MEMBUAT MINIATUR RUMAH PANGGUNG || KREATIF DARI STIK ES KRIM | Video

Tips Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim Berbentuk Rumah

Bahan dan Alat yang Diperlukan

Berikut bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan berbentuk rumah dari stik es krim:

Bahan Jumlah
Stik es krim 30 buah
Lem tembak 1 buah
Acrylic paint beberapa warna
Kuas 1 buah
Glitter 1 botol

Cara Membuat

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kerajinan tangan berbentuk rumah dari stik es krim:

  1. Siapkan 15 stik es krim untuk membuat atap rumah. Susun stik es krim secara vertikal dan lem stik es krim horizontal di bagian atas dan bawahnya. Lakukan hingga terbentuk 5 panel atap rumah.
  2. Siapkan 10 stik es krim untuk membuat dinding rumah. Susun stik es krim secara vertikal dan lem stik es krim horizontal di bagian atas dan bawahnya. Lakukan hingga terbentuk 2 panel dinding rumah.
  3. Siapkan 5 stik es krim untuk membuat pintu dan jendela. Potong stik es krim untuk membentuk pintu dan jendela. Lem pintu dan jendela pada panel dinding rumah.
  4. Cat atap rumah dan panel dinding rumah dengan acrylic paint. Tambahkan glitter jika diinginkan. Biarkan kering.
  5. Lem panel atap rumah pada panel dinding rumah. Biarkan kering.
  6. Kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah siap digunakan.

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim Berbentuk Rumah

Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tangan ini?

Untuk membuat kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah, Anda membutuhkan stik es krim, lem, gunting, pensil, dan cat atau spidol untuk memberi warna pada kerajinan tangan tersebut.

Bagaimana cara membuat bentuk rumah dari stik es krim?

Pertama, susun stik es krim menjadi bentuk persegi panjang dengan lima stik es krim di bagian bawah dan empat stik es krim di bagian atas. Kemudian, tempelkan stik es krim pada bagian tepi dengan lem. Setelah itu, buatlah atap dengan menempelkan stik es krim secara diagonal pada bagian atas. Terakhir, buatlah pintu dan jendela dengan stik es krim dan potong dengan gunting sesuai bentuk yang diinginkan.

Bagaimana cara memberi warna pada kerajinan tangan tersebut?

Anda dapat memberi warna pada kerajinan tangan tersebut dengan menggunakan cat atau spidol. Sebaiknya, Anda melakukan pemberian warna setelah seluruh bagian dari kerajinan tangan sudah selesai dirakit dan ditempelkan dengan lem.

Apakah kerajinan tangan dari stik es krim berbentuk rumah ini sulit untuk dibuat?

Tidak, kerajinan tangan ini cukup mudah untuk dibuat dan cocok untuk dilakukan bersama anak-anak. Namun, membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam merakit dan menempelkan stik es krim agar mendapatkan hasil yang rapi dan bagus.

Cara Membuat Donat JCO Rumahan yang Lezat

Draftgorenh.com – Membuat donat JCO rumahan bisa jadi alternatif bagi kamu yang ingin menikmati donat JCO tanpa harus pergi ke toko. Berikut adalah resep...
draftgorenh
2 min read

Cara Mencegah Rumah dari Kelembaban yang Berlebihan

Draftgorenh.com – Kelembaban yang berlebihan di dalam rumah dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti alergi, asma, dan iritasi kulit. Selain itu, kelembaban juga dapat merusak...
draftgorenh
4 min read

Cara Mengukur Tegangan Listrik Rumah dengan Multitester

Draftgorenh.com – Apakah Anda ingin mengetahui cara mengukur tegangan listrik rumah dengan multitester? Tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini kami akan memberikan panduan...
draftgorenh
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *