Cara Membuat Tangga Lipat untuk Loteng

Bicara soal tangga lipat, alat ini saya rasa merupakan salah satu alat yang mesti dimiliki oleh pemilik rumah yang bangunan rumahnya berada di ketinggian tertentu. Sebut saja ketinggian langit-langit rumahnya tidak wajar bak rumah pada umumnya.

Padahal, tangga lipat banyak kegunaannya. Misal, ia berguna untuk mengganti bohlam, membenarkan genteng, lalu untuk naik ke loteng rumah, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, memang problemnya adalah tidak semua penghuni rumah yang atapnya menjulang tinggi memiliki alat panjat ini. Oleh karena itu, pada artikel ini, izinkan saya memberikan panduan kepada Anda tentang cara membuat tangga lipat untuk loteng.

Siapa tahu, Anda mempunyai rencana untuk bikin tangga lipat sendiri. Sehingga, infoomasi yang saya tulis di sini dijadikan referensi utama bagi Anda.

Baca juga artikel cara mencairkan cat minyak.

Apa itu tangga lipat?

tangga lipat loteng

Sederhananya, tangga lipat merupakan alat panjat atau alat pijakan yang bentuknya vertikal (miring). Terdapat dua jenis tangga lipat yang umum diketahui banyak orang.

Pertama, tangga lipat yang dipakai pada keadaan miring, seperti untuk tembok.

Kedua, tangga lipat yang digulung. Jenis tangga lipat ini terbuat dari aluminium. Ia merupakan jenis tangga yang digantung dari atas.

Jika ditelusuri lebih dalam lagi, sebenarnya tipe tangga lipat itu ada banyak bentuknya. Bukan hanya kedua jenis tangga lipat itu saja. Ada juga tangga lipat ganda, multifungsi, step ladder, hybrid, dan tangga lipat kayu.

Lantas, pertanyaannya adalah jenis tangga mana yang pas digunakan untuk loteng atau langit-langit rumah? Berikut di bawah penjelasannya.

Cara membuat tangga lipat untuk loteng

tangga loteng

Dari hasil observasi yang saya lakukan, jenis tangga lipat yang cocok dipakai untuk loteng rumah itu ada dua tipe. Pertama, dari almunium (terbilang berisik dan mudah rusak). Kedua, dari kayu.

Jika membandingkan harga dari kedua bahan tersebut, jenis tangga lipat dari bahan kayu lebih murah. Dan jika saya bandingkan lagi proses pembuatannya lebih mudah mana, dari bahan kayu juga lebih diunggulkan.

Sehingga, saya pribadi merekomendasikan kepada Anda, sebaiknya bikin tangga lipat dari kayu saja untuk loteng rumah tersebut. Anda bisa saja membuatnya dari bahan baja atau almunium, tapi prosesnya rumit.

Baik. Jika Anda tertarik membikin tangga lipat untuk langit-langit rumah dari bahan kayu, perhatikan beberapa langkah di bawah ini dengan cermat.

10 alat yang dibutuhkan untuk membuat tangga lipat dari kayu

  1. Gergaji ukir
  2. Gergaji buat motong kayu atau papan
  3. Bor
  4. Bor yang ditekan
  5. Pelindung mata
  6. Pelindung telinga
  7. Amplas
  8. Rolet
  9. Sekrup kayu
  10. Jangkar buat ngukur

7 bahan dasar yang perlu Anda siapkan

  1. Siapkan kayu dengan ukuran 95 x 20 x 850 mm
  2. Tebal kayu 3-4 m
  3. Baut washer jenis M6
  4. Kunci baut juga yang M6
  5. Jenis baut carriage ukuran 55 – 60 mm
  6. Papan kayu siapkan 7 – 10 buah
  7. Jumlah kayu sesuaikan saja dengan ketinggian loteng Anda

Langkah-langkah membuat tangga lipat dari kayu

Cara membuat tangga lipat untuk loteng

Pahami dulu konsep tangga lipatnya

Sebelum memotong kayu, Anda harus pahami dulu konsep tangga lipat yang Anda inginkan. Anda harus pertimbangkan kemiringan tangga yang diingankan, juga bentuk atau modelnya mau bagaimana. Ini yang menurut saya agak repot.

Perkara membuat anak tangga, itu sih terbilang mudah. Sebab, bentuk anak tangga sendiri hanya lempengan kayu datar yang kemudian tinggal dihubungkan saja dengan penyangga samping. Tapi, soal memahami konsep tangga lipatnya, itu tergantung Anda sendiri.

Jika Anda sudah ada konsepnya, silakan ikuti langkah kedua.

Memotong kayu

Nah, 10 alat tadi digunakan dalam proses pemotongan kayu.

Jadi, pertama silakan pakai gergaji untuk memotong kayu. Anda harus menyesuaikan potongan kayu dengan tampilan tangga lipat yang Anda inginkan.

Kedua, dalam pemotongan kayu untuk pembuatan anak tangga, silakan sesuaikan dengan ketinggian penyangga samping. Ingat bahwa semua anak tangga wajib memiliki ukuran yang serupa.

Ketiga, dalam membuat penyangga belakang, Anda perlu menyiapkan 2 papan (ukurannya harus sama).

Keempat, silakan dbor saja lubang penyangga belakang dan samping.

Memasang anak tangga

Singkatnya, anak tangga harus dipasang dengan betul-betutul ke penyangga belakang dan samping dengan cara mengencangkannya menggunakan baut. Boleh juga memakai paku.

Intinya, hal yang perlu Anda lakukan yakni memasang anak tangga ke semua penyangga sehingga membentuk tangga lipat yang seutuhnya.

Saya rasa, itulah cara membuat tangga lipat untuk loteng. Semua cara yang saya sampaikan agak sulit untuk disampaikan dalam bentuk teks tulisan. Tapi, setidaknya, Anda sudah memiliki gambaran. Selamat mencoba!