Cara Membuat Tirai Gulung dari Terpal

Cara membuat tirai gulung dari terpal | Sangat banyak orang yang ingin memasang tirai gulung di teras rumah mereka maupun tempat lainnya dari rumah mereka. Hanya saja, harga tirai gulung yang lumayan mahal membuat banyak orang mencari cara untuk membuat tirai alternative lainnya dengan harga dan bahan terjangkau. Salah satu jenis tirai gulung yang paling banyak dicari adalah tirai gulung dari terpal.

Untuk membuat tirai gulung dari terpal, anda akan membutuhkan Bahan-bahan sebagai berikut:

  1. Terpal 2X3 m atau sesuai kebutuhan
  2. Pipa Aluminium diameter 25 mm dan panjang atau dapat juga anda gunakan kayu (sesuaikan dengan ukuran terpal)
  3. 1 buah papan ukuran 25 cm
  4. Katrol Burung 4 buah
  5. Tali dari plastic tebal 5mm panjang 20 m
  6. sekrup 3 cm sesuai kebutuhan
  7. baut roofing sesuai kebutuhan

Simak juga artikel kami tentang apa yg menjadi objek pengamatan IPA, jelas dan gamblang.

Cara Membuat Tirai Gulung dari Terpal

Cara Membuat Tirai Gulung dari Terpal

Berikut ini adalah cara membuat tirai gulung dari terpal yang bisa anda coba, yaitu:

  1. Buatlah stopper atau alat untuk penahan tirai 4 buah berbentuk lingkaran, dengan menggunakan papan, anda dapat menggambarnya terlebih dahulu dengan pensil pada papan, menggunakan bantuan penggaris yang mempunyai bentuk lingkaran. Setelah itu, potonglah gambar tersebut hingga menghasilkan 4 buah potongan papan berbentuk lingkaran dengan diameter kecil, yaitu 5 cm.
  2. Lubangilah keempat potongan kayu tersebut hingga tembus, menggunakan bor berdiameter 25 mm. Setelah itu, buatlah pula lobang kecil pada masing-masing potongan untuk pengunci berukuran 3 mm pada setiap sisi tengah potongan kayu tersebut.
  3. Masukkan ujung pipa aluminium ke dalam 4 potongan papan tersebut, dengan memasangkan 2 potongan pada masing-masing ujung dari pipa aluminium. Kuatkan dengan sekrup pada lubang kecil yang telah dibuat pada sisi tengah.
  4. Buatlah dudukan katrol dengan menggunakan multiplex membentuk huru L, dengan ukuran yang disesuaikan dengan besarnya masing-masing katrol. Kemudian, buatlah lubang kecil dengan bor m-6 pada dudukan katrol, pasang katrol pada dudukannya tersebut dan kuatkan dengan baut.
  5. Buatlah juga dudukan untuk pengulungan tali, yaitu bisa anda buat dari multiplex atau papan dengan membentuk huruf T. Agar menjadi tempat digulungnya tali tirai. Tempelkan penggulung tali ini di tiang teras anda.
  6. Siapkan sepotong kayu yang ukuran panjangnya sama dengan besarnya tempat yang akan anda pasangi tirai terpal, atau dengan menyesuaikannya dengan ukuran terpal yang anda gunakan. Anda bisa memasang kayu pertama tersebut dengan Sekrup ataupun paku khusus tembok jika disekitar tempat pemasangan tirai tidak ditemukan kusen kayu.
  7. Pasangkan terpal ke reng kayu dengan panjang 2,5 m atau sesuai kebutuhan anda. Anda dapat menggunakan paku dan lain-lain untuk memasang terpal tersebut ke kayu ini. Setelah selesai, pasangkan bagian ujung terpal yang sudah diberi kayu tersebut pada ujung kanopi atap teras rumah anda.
  8. Lilitkan bagian ujung atas terpal pada reng atau potongan kayu yang telah anda siapkan sebelumnya. Lalu kuatkan dengan ikatan tali maupun lem yang kuat. Pastikan bahwa ujung terpal tersebut membentuk lorong yang menggulung longgar dan tidak terlalu ketat pada reng kayu. Kemudian, lilitkan pula ujung terpal yang berhadapan dengannya dengan pipa aluminium, prosesnya sama dengan ujung terpal yang pertama.

Cara Membuat Tirai Gulung dari Terpal (Lanjutan)

Pilihlah Terpal dengan Ukuran yag sesuai kebutuhan anda, pastikan bahwa ukuran terpal tersebut tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil.

Cek apa saja tahap-tahap perjanjian internasional hanya disini, lengkap dan jelas.

cara buat tirai gulung dari terpal

Pastikan juga bahwa bagian dalam dan luar terpal anda sesuai. Yaitu dengan menempatkan bagian atas terpal menghadap kearah luar, dan bagian dalam terpal menghadap ke ruangan anda.

  1. Pada bagian bawah dari terpal, pasanglah pipa aluminium yang sudah disiapkan sebelumnya, jangan lupa juga untuk memasangkan katrol tepat di sisi atas atau diujung dekat kayu terpal yang menempel di kanopi teras rumah anda.
  2. Lakukan pemasangan dan perakitan yang menghubungkan tali, katrol, terpal, dan juga dudukan tali berbentuk yang sudah anda pasang di tiang teras pada langkah 5.
  3. Setelah semuanya selesai, silahkan uji coba tirai gulung terpal buatan anda, dan pastikan bahwa terpal bisa menggulung dan membuka dengan rapih dan sejajar, tidak miring ataupun acak-acakan.

Demikianlah Cara membuat tirai gulung dari terpal, selamat mencoba!