Cara Mencairkan Cat Minyak

Pada artikel ini, saya akan berbagi informasi mengenai cara mencairkan cat minyak. Salah satu alasan mengapa jenis cat yang satu ini kadang perlu dicairkan, itu disebabkan karena karakternya tidak gampang memudar. Alias, ia awet atau tahan lama.

Ini tentu menjadi masalah tersendiri bagi mereka yang ingin memaksimalkan cat minyak untuk melukis. Katakan lah ketika mereka ingin menggunakan cat minyak, lantas cat tersebut malah terasa sulit untuk dilelehkan. Oleh sebab itu, beberapa cara untuk mengencerkan cat minyak perlu saya bagikan lewat artkel ini.

Apa itu cat minyak?

Dalam laman Wikipedia, ia mengungkapkan bahwa cat minyak merupakan cat yang disusun oleh beberapa pigmen warna. Maksudnya, cat minyak diikat sama minyak lainnya, salah satunya oleh minyak linen. Minyak linen inilah yang merekat pada cat minyak sehingga karakternya awet jika kita gunakan. Dan karakter inilah yang menjadi kelebihan paling menonjol pada cat minyak.

Sebenarnya ada banyak kelebihan pada cat minyak sehingga ia kerap dipakai untuk melukis. Kelebihan lain yang paling terasa bagi para pelukis saat menggunakan cat minyak adalah jenis cat ini seringkali ngasih efek kecerahan pada warna. Namun, tentu saja di balik keunggulannya, ada juga kelemahannya. Salah satunya, bau cat minyak kurang sedap.

Kalau masalah karet, kami juga sudah tulis cara melenturkan karet yang sudah keras, sedikit berbeda tetapi secara prinsip sama saja. Yaitu mengencerkan yang sudah mengeras, Anda bisa baca link tersebut untuk membandingkan dan menambah teknik yang hampir mirip.

Cara mencairkan cat minyak

cara mencairkan cat minyak yang sudah kering

Seperti pada artikel sebelumya tentang cara melenturkan karet yang sudah keras, pada artikel ini pun bakal saya ambil juga berdasar pada pengalaman pribadi.

Berikut beberapa cara atau metode yang saya gunakan guna melarutkan cat minyak beserta penjelasannya.

Gunakan thinner untuk mencairkan cat minyak

Pada dasarnya, thinner merupakan bahan atau alat pelarut untuk mencairkan semua cairan yang beralasakan minyak. Hal yang perlu Anda lakukan ialah masukkan atau campurkan saja thinner ke dalam cat. Biasanya beberapa jam kemudian, cat minyak langsung mencair.

Untuk dapat mencairkan atau melelehkan cat minyak, ikuti langkah-langkah di bawah ini dengan benar. Sebab, perlu saya disclaimer dulu bahwa tidak semua thinner mampu mengencerkan cat minyak dengan baik.

  1. Beli produk thinner yang benar

Ada jenis cat minyak yang memerlukan thinner untuk proses pencairan dan ada juga yang tidak perlu. Namun, yang jelas, jika cat minyak tersebut membutuhkan thinner maka Anda tidak boleh sembarangan mencampurkannya.

Jadi, saya rasa, pastikan dulu Anda membeli produk thinner yang benar. Nah, ciri thinner yang bagus biasanya kemasannya itu kaleng serta isi thinnernya banyak.

  1. Campurkan thinner dengan cat minyak

Mulanya, tuangkan dulu cat ke dalam wadah. Lalu masukkan thinner sedikit demi sedikit pada cat minyak. Dan pada botol thinner, pasti ada keterangan tentang cara menggunakannya. Kemudian, ikuti saja panduan tersebut.

cara mengencerkan cat minyak

Setalah itu, silakan tuangkan thinner secara perlahan sehingga mencapai kelikatan yang sesuai. Catatan: jangan sesekali Anda membiarkan penutup thinner terbuka lebar dalam waktu yang lama. Ia cenderunng mengering kembali.

  1. Gunakan kayu kecil untuk mengaduk

Langkah terakhir, silakan gunakan alat pengaduk (kayu kecil) untuk mengaduk cat jika Anda menambahkan thinner lagi. Aduk dengan lembut sembari menggunakan perasaan. Dan hasilnya, cat minyak nanti akan cair sendiri.

Gunakan minyak bensin guna mengencerkan cat minyak

Cara kedua yang saya pakai untuk meluluhkan cat minyak, yakni mengenakan minyak bensin. Sebab, saya sepakat sama pernyataan beberapa orang yang mengatakan bahwa menggunakan thinner terkadang merepotkan. Katanya, mudah menguap.

Oleh karena dianggap repot bagi sebagian orang maka solusi kedua, yakni menggunakan minyak bensin sebagai pengganti thinner. Sebab, sampai saat ini, bensin terbilang menguntungkan karena harganya lebih murah daripada thinner.

Untuk memaksimalkan minyak bensin yang ada, terkadang saya tinggal menyedotnya saja di dalam keran bensin motor. Tentu menggunakan alat bantu selang bensin yang berukuran kecil.

Minyak bensin sendiri saya rasa lebih fleksibel. Kalau catnya butuh sedikit untuk dicairkan, ya pakai minyak bensin saja. Sedangkan kalau pakai thinner, harus beli sekaleng, kan?

Mencairkan cat minyak menggunakan minyak bensin berdasar pengalaman sendiri, hasinya baik-baik saja sih. Sebab, bensin memang dapat berfungsi dengan bagus sebagai pengencer cat minyak. Telebih, ia cepat kering.

Akan tetapi, hal yang perlu digarisbawahi di sini adalah jika Anda ingin mengencerkan cat berwarna emas, saya rasa bensin kurang bagus digunakan. Kalau cat warna emas, sebaiknya pakai thinner saja.

Jadi, cara mencairkan cat minyak yang menurut saya lumayan ampuh dan sudah terbukti itu hanya dengan dua cara: pakai thinner dan minyak bensin. Selamat mencoba.