Cara Menghilangkan Retak Kaca Jendela Rumah

Memperbaiki bagian kaca jendela yang retak, rusak, atau pun pecah terkadang terasa sangat sulit. Bahkan, tidak jarang membuat Anda harus menganggarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa tukang. Simak tips cara menghilangkan retak kaca jendela rumah berikut ini.

Sebenarnya Anda bisa menccoba memperbaikinya sendiri, selain bisa menghemat waktu, tentunya pula akan menghemat uang.

Ada Beberapa jenis dan tipe retakan yang muncul pada kaca, namun yang paling umum yaitu retakan yang  disebut mata banteng, retakan jenis bintang, dan retakan jenis bulan sabit.

  1. Retak kaca Mata Banteng

Retak jenis ini membentuk lingkaran dan kerucut pada lapisan terluar kaca, jika lingkaran yang terbentuk tidak sepenuhnya membentuk lingkar, maka ia disebut retakan setengah bulan.

  1. Retakan Bintang

Jenis retakan bintang mengakibatkan bagian kaca jendela anda pecah keluar dari asal titik tumbukan, dengan membentuk juga retakan pendek pada sekitarnya, ini kemudian membentuk bintang.

cara memperbaiki kaca meja yang pecah

  1. Retakan Bukan sabit

Yaitu sebuah retakan kaca yang bagian-bagian retaknya terhubung dan membentuk gambar bulan sabit atau setengah bulan.

  1. Retakan stres

Jenis retakan stress terjadi karena perubahan suhu lingkungan kaca yang sangat ekstrem dan juga sering terjadi jika pintu kaca jendela rumah Anda tertutup dengan keras. Retakan ini biasanya akan mulai dari dekat tepi kaca jendela hingga ke tepi kaca yang lain.

  1. Retakan tekanan

Retak jenis tekanan pada kaca adalah sebuah retakan kaca yang jarang terjadi, karena hal ini paling sering terjadi pada kaca yang berinsulasi, atau yang disebut juga jendela dengan panel ganda.

Jika kaca jendela rumah anda retak, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk mencegah agar retakannya tidak menyebar dengan segera. Saat terjadi keretakan, sangat tidak disarankan bagi anda untuk membiarkannya begitu saja, sebab kaca yang retak bisa sangat berbahaya, dengan resiko yang tidak dapat diprediksi akibatnya.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda lakukan saat kaca jendela rumah anda retak, yaitu:

  1. Rekatkan Menggunakan Solasi atau Selotip

cara menghilangkan retak kaca

Rekatkan permukaan kaca yang retak Menggunakan solasi atau strip selotip yang ditempelkan pada seluruh sisi kaca yang retak. Selain sangat membantu untuk menghentikan bertambahnya retakan solasi juga akan membantu menguatkan kembali seluruh permukaan kaca jendela anda.

  1. Samarkan retakan kaca menggunakan pasta gigi

Retakan pada kaca jendela anda tentunya akan mengganggu pandangan mata dan menghilangkan keindahannya. Untuk menyamarkan retakannya, Anda bisa menggunakan bahan pasta gigi dan juga kain.

Caranya yaitu Usapkan bahan pasta gigi ke sepotong kain, lalu gosokkan secara merata pada permukaan kaca yang tergores. Pastikan juga bahwa pasta gigi yang digunakan mengandung bahan pemutih.

Sebab, bahan pemutih yang ada di dalamnya akan dapat mengikis permukaan kaca, yang kemudian akan membuat goresan tersembunyi lebih cepat.

Untuk melakukan hal ini, anda bisa juga menggunakan bahan pasta gigi merk apapun, yang penting ada bahan pemutih di dalamnya.

Jika goresan atau retakan yang terjadi pada kaca cukup tebal dan besar. Misalnya dengan besar lebih dari ukuran jari kuku tangan, anda harus menggunakan lebih banyak pasta gigi berkomposisi whitening pada seluruh permukaannya.

Caranya yaitu dengan mengoles pasta gigi sesuai kebutuhan ke kain lap kering yang bersih. Kemudian Gosokkanlah kain lap berpasta gigi tersebut pada permukaan kaca selama beberapa menit.

Cek juga artikel bagaimana cara membuat tangga lipat untuk loteng

cara menyatukan kaca pecah

Ketika menggosok permukaannya, anda perlu diingat untuk tidak menekan permukaan kaca terlalu keras. Karena hal itu bisa saja memperparah retak pada kaca jendela anda, dan bahkan bisa membuatnya pecah berantakan.

  1. Merekatkan retakan pada kaca

Retakan pada Kaca jendela bisa Anda rekatkan pula menggunakan bahan berupa cat kuku.Caranya yaitu oleskan Cat kuku pada kedua sisi kaca retak tersebut, tunggulah sampai mengering. Bahan Cat kuku akan bisa menutup lubang retakan di kaca jendela anda dan mengurangi resiko kerusakan.

  1. Menghilangkan Suara atau bunyi berderit pada jendela Kaca

Suara Jendela berderit tentunya akan terasa sangat mengganggu bagi anda. Biasanya, bunyi berderit ini muncul pada jendela yang usianya sudah sangat tua. Cara menghilangkannya pun cukup mudah, anda hanya perlu oleskan minyak goreng atau oli dan minyak gemuk pada bagian pinggir jendela tersebut. Dengan sendirinya, suara dan bunyi berderit pada kaca jendela tersebut akan sangat berkurang.