Cara Menghitung Zakat Mal Rumah yang Mudah dan Tepat

Draftgorenh.com – Apabila kamu memiliki rumah yang sudah berusia lebih dari satu tahun, maka kamu wajib mengeluarkan zakat mal rumah. Zakat mal rumah merupakan zakat yang dikeluarkan dari kekayaan yang kamu miliki, yaitu rumah, dan wajib dikeluarkan setiap tahunnya. Bagi kamu yang ingin menghitung zakat mal rumah dengan mudah dan tepat, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan.

Cara Menghitung Zakat Mal Rumah yang Benar

Cara Menghitung Zakat Mal Rumah yang Benar

Rumah adalah salah satu aset yang dimiliki oleh banyak orang. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan. Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk membayar zakat mal setiap tahunnya. Zakat mal sendiri adalah zakat yang dikeluarkan dari harta yang dimiliki, termasuk di dalamnya adalah rumah. Bagi Anda yang memiliki rumah dan ingin menghitung zakat mal yang harus dikeluarkan, berikut adalah cara menghitung zakat mal rumah yang benar.

1. Tentukan Nisab Zakat Mal

Yang pertama harus dilakukan untuk menghitung zakat mal rumah adalah menentukan nisab zakat mal terlebih dahulu. Nisab zakat mal sendiri adalah jumlah harta yang harus dipenuhi agar seseorang wajib membayar zakat. Besaran nisab zakat mal saat ini adalah sebesar 85 gram emas.

2. Hitung Jumlah Nilai Rumah

Setelah menentukan nisab zakat mal, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah nilai rumah yang dimiliki. Untuk menghitungnya, Anda bisa menggunakan nilai jual rumah saat ini atau nilai taksiran pajak bumi dan bangunan (PBB) yang tercantum pada sertifikat rumah. Jika rumah Anda masih dalam masa cicilan, maka yang dihitung adalah nilai sisa hutang yang harus dibayarkan.

3. Kurangi Hutang yang Masih Dibayarkan

Jika Anda masih memiliki hutang yang harus dibayarkan untuk rumah tersebut, maka hutang tersebut harus dikurangi dari jumlah nilai rumah yang telah dihitung sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memperoleh jumlah harta bersih yang dimiliki.

4. Hitung Zakat yang Harus Dikeluarkan

Setelah mengetahui jumlah nilai rumah bersih yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah menghitung zakat yang harus dikeluarkan. Besaran zakat yang harus dikeluarkan adalah sebesar 2,5% dari jumlah nilai rumah bersih yang dimiliki.Contoh perhitungan:Nilai rumah yang dimiliki: Rp 1.000.000.000,-Hutang yang masih harus dibayarkan: Rp 500.000.000,-Nilai rumah bersih yang dimiliki: Rp 1.000.000.000,- – Rp 500.000.000,- = Rp 500.000.000,-Zakat yang harus dikeluarkan: Rp 500.000.000,- x 2,5% = Rp 12.500.000,-

5. Bayar Zakat Mal Rumah

Setelah menghitung zakat mal rumah yang harus dikeluarkan, langkah terakhir adalah membayarnya. Zakat mal harus dibayarkan sebelum satu tahun berlalu setelah harta tersebut mencapai nisab. Anda bisa membayarkan zakat mal tersebut langsung pada mustahik atau melalui lembaga zakat yang terpercaya.Itulah cara menghitung zakat mal rumah yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membayar zakat mal dengan benar dan sesuai dengan syariat Islam. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kewajiban zakat mal setiap tahunnya dan membayarkannya dengan ikhlas.

Cara Menghitung Zakat Mal Rumah

Cara Menghitung Zakat Mal Rumah

1. Tentukan Nilai Kepemilikan Rumah

Langkah pertama dalam menghitung zakat mal rumah adalah menentukan nilai kepemilikan rumah tersebut. Nilai kepemilikan rumah bisa dihitung dari harga beli rumah atau harga pasar saat ini.

2. Hitung Jumlah Utang yang Masih Dibayar

Setelah menentukan nilai kepemilikan rumah, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah utang yang masih harus dibayar. Jumlah utang ini bisa termasuk cicilan rumah atau hutang lain yang masih harus dibayar.

3. Hitung Jumlah Penghasilan Selama Satu Tahun

Setelah mengetahui nilai kepemilikan rumah dan jumlah utang yang masih harus dibayar, selanjutnya adalah menghitung jumlah penghasilan selama satu tahun. Penghasilan ini bisa berasal dari gaji atau usaha yang dilakukan selama satu tahun.

4. Hitung Nisab

Nisab adalah batas minimum kekayaan yang harus dimiliki sebelum wajib membayar zakat. Saat ini nisab zakat mal adalah sebesar 85 gram emas. Jika nilai kepemilikan rumah dan penghasilan selama satu tahun melebihi nisab, maka wajib membayar zakat.

5. Hitung Jumlah Zakat yang Harus Dibayar

Setelah mengetahui nilai kepemilikan rumah, jumlah utang yang masih harus dibayar, penghasilan selama satu tahun, dan nisab, selanjutnya adalah menghitung jumlah zakat yang harus dibayar. Zakat mal rumah dihitung sebesar 2,5% dari nilai kepemilikan rumah setelah dikurangi jumlah utang yang masih harus dibayar.Contoh:- Nilai kepemilikan rumah: Rp 1.000.000.000- Jumlah utang yang masih harus dibayar: Rp 500.000.000- Penghasilan selama satu tahun: Rp 300.000.000- Nisab: 85 gram emas (sekitar Rp 70.000.000)- Zakat yang harus dibayar: (Rp 1.000.000.000 – Rp 500.000.000) x 2,5% = Rp 12.500.000Dalam menghitung zakat mal rumah, penting untuk memperhatikan nilai kepemilikan rumah, jumlah utang yang masih harus dibayar, penghasilan selama satu tahun, dan nisab. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan dapat membantu dalam menghitung zakat mal rumah dengan benar.

Cara Mudah Menghitung Zakat Mal | Ustadz Hamdani, Lc. MA | Video

Tips Menghitung Zakat Mal Rumah

Pengertian Zakat Mal Rumah

Zakat mal rumah merupakan zakat yang dikeluarkan atas kepemilikan properti yang dimiliki seseorang setelah mencapai nisab (batas minimal) dan telah memiliki kepemilikan selama satu tahun hijriyah.

Cara Menghitung Zakat Mal Rumah

Berikut adalah cara menghitung zakat mal rumah:

Nama Item Jumlah Harga Per Item Total
Rumah 1 Rp 1.000.000.000 Rp 1.000.000.000
Tabungan Rp 100.000.000 Rp 100.000.000 Rp 100.000.000

1. Hitung total nilai harta yang dimiliki, termasuk rumah dan tabungan.

2. Tentukan nisab, yaitu jumlah minimal harta yang harus dimiliki untuk wajib membayar zakat. Saat ini nisab zakat mal adalah sebesar 85 gram emas murni.

3. Hitung zakat mal dengan rumus:

((Total Nilai Harta – Nisab) x 2,5%)

Contoh:

((Rp 1.100.000.000 – Rp 752.500.000) x 2,5%) = Rp 8.618.750

Dalam contoh di atas, seseorang memiliki total harta sebesar Rp 1.100.000.000 dan nisab zakat mal saat ini sebesar Rp 752.500.000 (85 gram emas murni). Oleh karena itu, ia harus membayar zakat mal sebesar Rp 8.618.750 (2,5% dari selisih total nilai harta dengan nisab).

Pertanyaan Umum tentang Zakat Mal Rumah

Apa itu Zakat Mal Rumah?

Zakat Mal Rumah adalah zakat yang dikeluarkan dari harta kekayaan yang dimiliki atas rumah atau properti yang dimiliki lebih dari satu tahun.

Berapa persen zakat yang harus dikeluarkan untuk rumah?

Untuk rumah yang dimiliki lebih dari satu tahun, zakat yang harus dikeluarkan sebesar 2,5% dari nilai total harta yang dimiliki.

Bagaimana cara menghitung nilai total harta rumah?

Nilai total harta rumah dihitung dengan mengkalkulasikan harga pasaran saat ini dari rumah tersebut, termasuk dengan nilai properti lain seperti tanah atau bangunan yang terdapat di dalamnya.

Apakah semua jenis rumah harus dikeluarkan zakatnya?

Tidak semua jenis rumah harus dikeluarkan zakatnya. Rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal pribadi tidak wajib dikeluarkan zakatnya. Namun, rumah-rumah lain seperti rumah kos-kosan atau rumah yang digunakan untuk investasi harus dikenakan zakat.

Kapan waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat mal rumah?

Waktu yang tepat untuk mengeluarkan zakat mal rumah adalah setiap satu tahun sekali, sesuai dengan waktu yang dimulainya kepemilikan rumah tersebut.

Bagaimana cara mengeluarkan zakat mal rumah?

Zakat mal rumah dapat dikeluarkan dengan cara menyerahkan sejumlah uang secara langsung kepada pihak yang berhak menerima zakat atau dengan cara mentransfer sejumlah uang melalui bank.

Cara Menghitung Pajak Penjualan Rumah 2018 yang Mudah dan…

Draftgorenh.com – Menjual rumah adalah keputusan penting dalam hidup Anda, dan memahami perhitungan pajak penjualan rumah 2018 adalah bagian kunci dari proses itu. Pajak...
draftgorenh
3 min read

Cara Membuat Ramen Rumahan yang Lezat dan Mudah

Draftgorenh.com – Ingin mencoba sensasi makan ramen yang otentik tanpa harus pergi ke restoran? Tidak perlu khawatir, karena kini Anda dapat membuatnya dengan mudah...
draftgorenh
3 min read

Cara Agar Rumah Tidak Banyak Semut

Draftgorenh.com – Ingin rumahmu bebas dari serangan semut? Simak beberapa tips berikut untuk menghindari semut masuk ke dalam rumahmu. Cara Agar Rumah Tidak Banyak...
draftgorenh
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *