3 Makanan untuk Menyembuhkan Sakit Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah salah satu penyakit yang bisa membuat kita merasakan ketidak nyamanan pada saat bicara maupun untuk menelan suatu makanan.

Faringitis atau sakit tenggorokan itu disebabkan oleh penyakit virus dan bakteri seperti pilek, flu, dan batuk, biaanya penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Penyakit tenggorokan yang berat maupun yang ringan dapat mengganggu kita saat beraktifitas terutama jika penyakit ini menyerang anak-anak tentunya hal ini sangat menganggu bagi nya, dia akan rewel dan selalu merengek terus terusan.

Untuk itu menyembuhkan radang tenggorokan sangatlah penting.

Dan dalam mengobati faringitis atau sakit tenggorokan itu tergantung penyebabnya karena penyebab sakit tenggorokan itu berbeda-beda, untuk itu tentunya dalam pengobatannya pun harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Tujuan dari pengobatan sakit tenggorokan atau faringitis adalah memberantas virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit radang tenggorokan, selain itu juga bisa meringankan rasa sakit tenggorokan dan juga meredakannya.

Lalu bagaimana cara menyembuhkan sakit tenggorokan tersebut?? Berikut cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

Tips dan Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

1. Air Garam

Garam mempunyai sifat antiseptik yang bisa membunuh bakteri maupun virus berikut cara mengobati sakit tenggorokan dengan air garam, Anda bisa meminum atau berkumur-kumur saja, perhatikan cara berikut:

cara menyembuhkan radang tenggorokan

  1. Siapkan air putih dengan suhu normal sebanyak 1 gelas.
  2. Lalu tambahkan garam 1-2 sendok ke dalam gelas yang berisi air tadi.
  3. Lalu gunakan air garam tadi untuk berkumur-kumur.
  4. Sedangkan bila Anda yang sakit tenggorokannya di sertai dengan dahak maka minumlah.

2. Wedang Jahe

Selanjutnya cara untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan meminum wedang jahe ini, minuman ini tidak aasing lagi bagi kita karena jahe ini merupakan salah satu rempah-rempah yang mengandung detoksifikasi atau menghilangkan racun.

Selain itu juga mengandung senyawa zingiberin yang bisa memperlancar sirkulasi darah, dan tentunya juga bisa mengatasi peradangan seperti radang tenggorokan, berikut cara menggunakan wedang jahe

  1. Sediakan jahe scukupnya
  2. Lalu siapkan air hangat 1 gelas
  3. Tumbuk jahe tersebut dan seduhlah dangan air hangat tadi
  4. Agar rasanya lebih nikmat tambahkanlah beberapa sendok madu, tapi apabila tidak ada cukup dengan jahe saja
  5. kemudian minumlah wedang jahe tersebut dan rasakanlah kenikmatan wedang jahe tersebut dan rasakan juga sensasi kehangatan wedang jahe di dalam tenggorokan.

3. Bawang Putih

Masih dilingkungan bumbu dapur, dan bumbu dapur selanjutnya yang bisa menyembuhkan sakit radang tenggorokan adalah bawang putih.

Para ahli mengungkapkan bahwa bawang putih memiliki kandungan senyawa yang bersifat Alicin yaitu yang dapat membantu membunuh virus dan juga bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan, perhatikan cara mengkonsumsi bawng putih ini.

  1. Kunyah 1 siung bawang putih yang masih mentah hingga halus.
  2. Lalu ambil air putih dengan suhu normal untuk berkumur.
  3. Lalu untuk menghilangkan rasa tidak enaknya bawang putih Anda bisa meminum beberapa sendok madu.