Dampak Negatif Pergaulan Bebas

Tidak ada positifnya, pergaulan bebas hanya mengakibatkan dampak negatif semata. Melakukan komunikasi di lingkungan sosial kemasyarakatan adalah hak setiap manusia. Bersosialisasi, kenalan, bersikap saling timbal balik adalah kebutuhan utama setiap insan yang hidup di dunia.

Pergaulan merupakan salah satu ciri pokok manusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam beraktifitas. Bergaul dengan sesama merupakan ciri dasar yang melatarbelakangi setiap orang untuk saling bekerjasama, membantu, berkomunikasi dari mulai berbicara dan mendengarkan sampai perilaku sentuhan fisik seperti salaman adalah pergaulan utama yang dianggap sopan atau saling memperhatikan satu sama lain.

Meskipun bermanfaat, bergaul tidak bisa serampangan. Ada norma yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dari mulai batasan norma sosial kebudayaan, aturan wajib pemerintahkan dalam bentuk hukum hingga ajaran suci agama yang dianut. Pergaulan adalah salah satu hal pokok yang memiliki batasan-batasan yang wajib ditaati. Karena setiap manusia mengemban tanggung jawab untuk mematuhi demi keteraturan yang tercipta.

efek negatif pergaulan bebas free sex

Dampak Negatif Pergaulan Bebas bagi Pelajar

  • Hancurnya masa depan dari pelaku pergaulan bebas
  • Masalah dalam keluarga dan orang tua
  • Dicemooh masyarakat sekitar
  • Hukuman berat menanti di sekolah
  • Nilai pendidikan jelek
  • Berdampak buruk pada kesehatan
  • Tertimpa dosa besar

Dalam pergaulan bebas: hubungan anak lelaki dan perempuan yang tanpa batas seperti sentuahan fisik, hal ini memiliki kecenderungan yang negatif dan akan berakibat buruk ke berbagai sudut pandang. Orang yang melihat akan sinis, guru pun akan menilai negatif, orang tua juga bisa jadi akan marah, bahkan meskipun tidak ada yang melihat. Dampak negatif tetap ada, bahkan malah yang paling besar yaitu berdosa.

Contoh nyata dampak negatif pergaulan bebas: penyakit menular seks, HIV Aids, tidak naik kelas, dikelurkan dari sekolah, diejek masyarakat, masuk rumah sakit (jiwa maupun kesehatan), direhabilitasi oleh polisi, dipenjaran.

dampak negatif pergaulan bebas

Mencegah Pergaulan Bebas, Agar Tidak Berdampak Negatif

  1. Perbanyak aktifitas positif, misalnya olahraga, ikut aktif di organisasi sekolah, lingkungan warga dan keagamaan.
  2. Memiliki pribadi yang kuat, bisa berkata tidak jika diajak teman ke hal yang negatif
  3. Pandai dalam memilih teman, berani memilah-milih, tidak asal-asalan akrab dengan teman
  4. Berhubungan dekat dengan orang tua dan guru serta sering berkonsultasi dengannya
  5. Jika memiliki orang tua yang tidak harmonis, mencari figur keluarga yang lain seperti kakek nenek atau paman dan bibi untuk alternatif hubungan kasih sayang