Info Tempat Kursus Masak di Pesantren & Biaya-nya, Komplit!

Kegiatan memasak nampak seperti sebuah kegiatan yang sederhana dan mudah, juga biasa saja. Cuma sebuah aktivitas untuk mengolah makanan, yang hasilnya akan menjadi asupan energi buat kita semua. Agar bisa melangsungkan kehidupan sebagaimana mestinya.

Tergantung dari sudut pandang kita tentang memasak ini. Ada yang menganggap cuma rutinitas yang biasa dilakukan setiap hari. Kemudian, ada yang menjadikan memasak sebagai profesi atau mencari nafkah. Lalu, ada juga yang menjadikan masak sebagai hobi dan kegiatan refreshing.

Walau dari sudut pandang yang berbeda, garis kesamaannya menunjukkan bahwa keahlian memasak itu istimewa dan perlu. Kemampuan memasak bisa didapatkan dari turun temurun. Namun tidak sedikit juga keahlian memasak ini diperoleh

dari seorang ahlinya, yang transfer keahliannya dilakukan di sebuah tempat kursus khusus memasak. Semakin banyak tempat kursus memasak terdapat di tiap kota di seluruh Indonesia, termasuk tempat kursus memasak di Pesantren.

Walau kegiatan memasak nampak simpel dan perlu tenaga lebih waktu melakukannya, ternyata memasak dapat memberikan kita banyak kebaikan yang membahagiakan

Manfaat dari Kegiatan Memasak yang Membahagiakan

Berikut ini adalah beberapa kebaikan yang kita peroleh dari aktivitas memasak:

Membuat kita lebih mandiri

sejallan perkembangan waktu, apapun saat ini dengan teknologi dan inovasi bisa memudahkan semua keperluan kita. Termasuk keperluan kita soal makanan. Banyak sekali resto, warung makan atau kedai makan yang terdapat di sekitar kita, dengan aneka menu lezat siap disantap. Atau kalau sedang tidak ingin keluar rumah, saat in banyak tersedia pilihan aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan kita tentang makanan. Kita mau apapun tinggal ketikkan saja, dan semua info tersedia akan ditampilkan di layar smartphone kita. Tinggal pilih mana yang pas, bayar secara digital, dan makananpun segera di antar ke rumah kita.

Namun layanan tersebut jikalau terlalu sering kita lakukan, kita akan kehilangan kemandirian kita terhadap proses menyediakan makanan. Namun dengan memilih bahan makanan sendiri, dan menyiapkannya kemudian memasaknya, kemandirian kita terbentuk dengan baik. Dan ini menjadi pembentukan mental yang baik dan juga mengasyikkan, melalui memasak.

Terapi untuk Mengurangi Stres

Makanan sehat yang kita masak sendiri mestinya berpengaruh kepada kesehatan kita. Tak cuma kesehatan fisik, namun kesehatan jiwa juga akan diperoleh. Kegiatan memasak, mulai dari tingkat persiapan dan kemudian proses memasaknya dapat mengalihkan perhatian kita dari masalah-masalah kehidupan yang kita sedang hadapi. Menyentuh berbagai bahan makanan dan bumbu, memotong, memasukkannya ke dalam wajan, dan timbull aroma yang menyenangkan dari proses memasak, itu semua secara ttidak langsung merupakan sebuah terapi ketenangan bagi hati dan otak. Ditambah dengan rasa puas ketika makanan siap dihidangkan. Lalu menyantapnya dengan penuh {kebersyukuranrasa syukur}, semua stress akan hilang sekejap berganti dengan kesenangan.

Kreativitas Meningkat

Ditingkat selanjutnya, tak cuma stress yang sirna, tetapi level kreativitas menjadi meningkat. Apabila stress terjadi, kemampuan panca indra pun menurun, secara tak langsung daya kreativitas pun merosot. Sedangkan jikalau kita memasak, panca indra ddistimulasi oleh warna-warni bahan masakan, tekstur bahan makanan yang kita proses memberikan akibat ke kulit tangan kita. Desis saat memasak dan dentang aduan spatula dengan penggorengan memberikan hamoni nada indah yang unik dan spesial, tapi berdampak kepada kebahagiaan. Bau masakan yang mulai matang, icipan pertama makanan yang kita masak sendiri, itu adalah kepuasan tersendiri. Proses memasak membikin semua indra kita aktif. Apabila keadaan terjadi seperti ini, kreatifitas pun siap untuk tercurahkan.

Menambah Cakrawala

Karena biasanya kita senang dengan hal yang dinamis dan bervariasi, begitu pula dengan jenis makanan yang kita inginkan. Kegiatan memasak menuntut kita belajar sesuatu resep makanan yang baru. Dalam proses memasak bakal ditemukan baik disengaja atau tidak, pengetahuan-pengetahuan baru, baik itu tentang bahan makanan, proses persiapan atau pun pada proses memasaknya. Hal-hal ini akan menambah wawasan baru bagi kita.

Menumbuhkan Kedisiplinan

Memasak mampu membentuk kedisiplinan? Itu pasti. Karena seringnya kita semua miliki waktu khusus dan fix untuk waktu saat makan. Yaitu sarapan pagi, makan saat siang hari dan makan pada malam hari. Kadang juga ada makan selingan di selang waktu makan itu. Karena waktu makan yang fix, maka persiapannyapun membutuhkan hal yang pasti soal waktu. Mulai dari pennyiapan bahan baku, proses persiapan dan saat memasak. Kegiatan memasak tersebut membutuhkan perkiraan waktu yang terukur, agar makanan siap disajikan sesuai ketika jam makan. Inilah bentuk kedisiplinan waktu dari kegiatan memasak.

Sesudah kita paham kebaikan-kebaikan dari memasak, gimana pendapat anda? Sudah mulai bergairah memulai belajar memasak?

Alamat Kursus Memasak di Pesantren

Setelah mengerti kebaikan dan manfaat dari memasak. Atau memang anda sedang mencari tempat kursus memasak yang terbaik di Pesantren. Di bawah ini anda bisa kunjungi tempat kursus memasak itu:

Kursus Memasak

alamat:

Jl. Piere Tendean No. 13, Pesantren

Namun sebelum menentukan dimana anda bakal belajar memasak, ada idealnya anda baca saran di bawah ini agar bisa memilih tempat kursus memasak yang pas untuk anda.

6 Saran Memilih Training Memasak yang Terbaik di Pesantren

  1. Cari yang tempatnyanya strategis dan biaya sesuai anggaran

Cocokkan biaya kursus memasak dengan anggaran yang anda punya atau telah dialokasikan. Jangan sampai memaksakan diri {ikut||mmengikuti} kursus masak yang berstandar internasional, namun diluar kemampuan anggaran anda. Masih banyak kok kursus masak skala rumahan yang bermutu bagus dengan instruktur yang punya jam terbang tinggi.

Hal yang perlu diperhatikan juga ialah lokasi tempat kursus masak yang lokasinya strategis, mudah dijangkau dan tak terlalu jauh dari lokasi anda, Hal ini juga akan membantu meminimalisir dana yang dikeluarkan, tanpa mengurangi mutu pengajaran.

  1. Periksa terlebih dulu testimoninya

Cari tempat kursus memasak yang miliki reputasi cukup baik. Cara periksa reputasi paling mudah dapat kita lakukan melalui internet. Contohnya kita lihat media sosial miliki tempat kursus itu, kita bisa lihat dari komentar yang pernah kursus di tempat tersebut. Atau dapat juga cek di google, dapat kita lihat reviewnya. Yang baik biasanya mendapatkan bintang 4 di google.

  1. Cari yang support layanan setelah selesai kursus bagus (untuk usaha makanan)

Kalau anda pengusaha di bidang kuliner, cari tempat kursus yang menyediakan waktu kursus yang agak panjang, misalnya 3 atau 6 bulan. Jadi ketika anda mempraktekkan ilmu memasak di tempat usaha anda, jika anda mengalami kendala tentang teknis memasak, anda masih bisa konsultasi dengan instruktur di tempat kursus itu. Akan lebih ideal lagi bila alumnus tempat kursus memasak tersebut mempunyai komunitas yang solid. Antara alumnus dan pengajar boleh berbagi pengalaman dan konsultasi.

  1. Pilih pelatihan pendek yang banyak variasi resep (untuk skala rumah tangga)

Untuk yang hanya ingin berkreasi untuk memasak sehari-hari, pilih saja paket jangka pendek atau paket singkat satu hari misalnya. Biasanya kursus 1 harian full ini memiliki tema khusus, misalnya aneka jajanan pasar, anake dimsum, aneka masakan ayam, aneka roti, dsb. Walau biasanya biayanya lumayan mahal, tetapi semua bahan sudah disediakan, dan hasil masakan boleh dibawa pulang.

  1. Pelatih dipercaya dan terlatih

Sudah pasti harus cari instruktur yang sudah berpengalaman dan hasil kreasinya juga diakui banyak orang. Atau jikalau belum terkenal contohnya, paling tidak telah direkomendasikan oleh orang yang terpercaya.

  1. Cari tempat training yang waktunya flexible (untuk pekerja)

Jika anda pekerja yang bekerja dari hari senin sampai jumat, cari tempat kursus yang menyediakan waktu kursus pada hari sabtu dan minggu. Sehingga kegiatan pekerjaan anda tak terganggu dengan keinginan bisa memasak, melalui tempat kursus yang cocok untuk anda.

Tidak sulit kok menentukan tempat kursus masak yang ideal. Cocokkan saja dengan keperluan, waktu, dan anggaran yang anda miliki. Semoga info ini berguna untuk anda, agar bisa pilih tempat kursus masak di Pesantren yang bagus dan sesuai dengan anda.