Pentinya Persatuan Bagi Bangsa Indonesia

Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Pertanyaan sangat simpel sebenarnya jawabannya. Berikut ini adalah kunci jawaban sebagai berikut:

  • Persatuan adalah ciri khas bangsa Indonesia. Budaya gotong-royong, sambatan contoh bukti ciri bangsa kita yang cinta persatuan
  • Karena pengalaman bangsa kita terpecah-belah dengan politik devide et impera oleh penjajah, merusak tatanan hidup
  • Beraneka ragam budaya, ras dan suku membuat negara ini sangat butuh akan persatuan

Alasan Mengapa Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Negara Indonesia sangat beraneka ragam, terdiri dari ribuan pulau, terpisah satu sama lain dengan kebiasaan yang berbeda. Bahasa daerah yang bermacam-macam, suku, yang memiliki ciri khas tersendiri. Hal ini membuat negara Indonesia memiliki tantangan tersendiri dalam menyamakan visi besar.

mengapa persatuan sangat penting bagi bangsa indonesia

Pendiri bangsa ini sadar, kemerdekan yang diperoleh diperjuangkan beratus-ratus tahun yang direbut dari penjajah memerlukan pengorbanan yang sangat besar. Politik kotor para penjajah yang melakukan adu domba antar pejuang membuat kita sadar, bahwa persatuan sangatlah penting demi terciptanya cita-cita bersama.

Kita bisa lihat di sejarah peperangan fisik yang dilakukan pahlawan yang gugur demi bangsa, ada saja perlawanan itu malah memusuhi bangsa sendiri. Bahkan di beberapa peperangan, tipu muslihat kolonial menunjukkan sifat penakutnya, mereka memasang prajurit pribumi di garis depan sendiri.

Oleh karena itu, semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantoro menjadi titik balik bangsa untuk meresapi betapa pentingnya nilai persatuan. Sehingga lambang negara Garuda terdapat tulisan semboyan ini.

Kemerdekaan ini diraih tidaklah mudah, bangsa ini telah belajar dari pengalaman pahit sejarah karena dibohongi VOC, Portugis, Belanda, JepangĀ  dan Inggris. Sehingga para pendiri bangsa pun ketika memproklamirkan kemerdekaan, sila persatuan dimasukkan ke dalam Pancasila sebagai dasar negara betapa pentingnya persatuan dan kesatuan.

Persatuan Sangat Penting Bagi Bangsa Indonesia

Nilai toleransi terhadap sesama serta sifat saling menghargai orang lain juga menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Ini terlihat dari budaya lokal dari suku-suku di nusantara. Adat istiadat gotong-royong pun diterjemahkan sampai ke nilai kultur budaya yang mengakar hingga sekarang.

Perilaku gorong royong ini adalah wujud betapa bangsa kita sangat mengerti betapa pentingnya bersatu. Perasaan tepo-seliro, ewuh pakewuh, budaya sambatan (membantu tetangga yang sedang hajatan), kenduri dan masih banyak lagi istilah yang menunjukkan bahwa ciri khas kita adalah saling menghargai dan punya jiwa berserikat dan berkumpul demi tercapainya harapan bersama.