Mengapa Terjadi Pelanggaran HAM

Pelanggaran HAM bisa saja terjadi dimana saja, bahkan bisa menimpa diri kita. Manusia pada dasarnya bisa saja memiliki niat dan jika disertai kesempatan akan melakukan pelanggaran hak orang lain, lebih-lebih jika didukung oleh lingkungan yang buruk.

Alasan kenapa orang tega melakukan pelanggaran HAM bisa disebabkan karena rendahnya kesadaran hukum dari pelanggar HAM tersebut. Ini terjadi karena pelaku kurang berpendidikan, sehingga tidak sampai kepadanya informasi bahwa sangat perlu kita untuk menghargai hak asasi orang lain.

Alasan lain mengapa terjadi pelanggaran HAM dikarenakan rasa egois yang ada pada pelaku, dia merasa paling benar dan merendahkan orang lain sehingga sangat enteng dirinya untuk merendahkan hak asazi orang.

mengapa terjadi pelanggaran ham

Faktor Apa Saja Mengapa Terjadi Pelanggaran HAM

Dari sini, bisa kita simpulkan bahwa ada 2 (dua) jenis mengapa pelaku pelanggar HAM itu beraksi, yaitu:

Faktor dari Internal Mengapa Terjadi Pelanggaran HAM

  • Rendahnya kesadaran hukum. Ini adalah faktor penting kenapa seseorang tersangkut kasus pelanggaran hak asasi orang lain. Faktor ini tidak hanya melanda orang yang berlatar belakang non hukum. Banyak kasus malah lulusan sarjana hukum yang menjadi tersangka pelanggaran HAM orang lain. Misalnya aparat hukum, beberapa LSM menilai justeru oknum terbanyak diduga melakukan pelanggaran HAM adalah aparat hukum.
  • Sikap egois yang berlebihan. Ego seseorang yang diluarbatas akan menyebabkan dirinya sombong dan merampas hak orang lain sesuka dirinya. Hal ini banyak dimiliki oleh orang yang merasa diatas, misalnya pejabat atau pimpinan organisasi. Kedudukan yang tinggi menjadi celah bagi sebagian oknum untuk merampas hak orang lain.
  • Perilaku intoleran terhadap orang lain. Sikap ini muncul kepada orang yang berbeda dengan dirinya, awalnya cuma merasa tidak suka atau menjauhi saja. Lama-lama bisa saja orang yang intoleran ini berbuat merebut hak orang yang dibencinya tadi, atau merusak hak milik korban pelanggaran HAM. Kasus ini sering terjadi di lingkungan yang ada 2 kelompok yang berbeda serta tidak terjalin dengan baik silaturahmi dan komunikasi.

Faktor dari Eksternal Mengapa Terjadi Pelanggaran HAM

mengapa-terjadi-pelanggaran-ham

  • Lemahnya penegakan supremasi hukum. Kasus tersangka HAM bisa terjadi karena tidak tegasnya aparat pemerintah dalam menangani berbagai tersangka. Penegak hukum yang korup membuat pelanggaran HAM merajalela, sehingga masyarakat akan menjadi apatis dan menganggap pelanggaran HAM bukan sesuatu yang perlu ditakutkan.
  • Kesenjangan sosial. Adanya ketimpangan ekonomi di masyarakat akan mendorong timbulnya kasus ham berat, hal ini marak terjadi di pihak yang merasa kurang beruntung dikarenakan kebijakan yang dianggap tidak memihak kepadanya. Oknum seperti ini memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menjadi pelaku pelanggaran hak orang lain, terutama kepada pihak yang dianggapnya diberikan hak lebih daripada dirinya.
  • Perkembangan teknologi. Globalisasi mengakibatkan masyarakat mulai mengadopsi teknologi. Perangkat IT menyebabkan komunikasi lebih cepat. Dampak negatifnya, ada saja oknum yang gagap teknologi dan menganggap lawan maya di dunia online itu seperti hanya menghadapi HP saja. Oknum ini seringkali tidak bisa membedakan fisik dan maya. Sehingga mereka tidak sadar bully-annya, comment-nya, statusnya itu ternyata melanggar hak asazi orang lain.