Menghitung Luas Ruangan

Teknik menghitung luas ruangan sedikit membingungkan jika area yang akan kita ukur memiliki sudut yang miring, atau ada kamar yang diluar. Lebih-lebih jika ada bagian yang kepotong atau menjorok ke dalam.

Tetapi dengan rumus yang diulas di artikel ini, Anda akan memahami bagaimana cara yang tepat menentukan dimensi ruangan.

Langkah pertama yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut:

Menyiapkan Alat Ukur

Alat ukur digunakan jika Anda ingin menghitung luas ruangan real di lapangan secara langsung. Dengan bantuan alat ukur ini, kita bisa langsung menjumlahkan berapa panjang dinding ruangan tersebut.

Peralatan sederhana seperti penggaris, mistar atau meteran sudah sangat cukup untuk kita manfaatkan dalam perhitungan kali ini.

Ada trik khusus bagi Anda yang tidak memiliki alat ukur, simak tulisan kami tentang trik cara mengukur tanpa alat ukur disini.

Membagi Ruangan ke Bagian Bentuk Ruang yang Bisa Diukur

hitunglah luas permukaan bangun ruang berikut

Bagilah ruangan ke dalam bentuk ruang yang terstandar sesuai aturan matematika yang ada rumus luas bangun ruang.

Kita tahu, bentuk ruang itu ada beberapa jenis. Bagi yang ingat pelajaran matematika, ini akan sangat membantu. Dari mulai persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran, trapesium, jajarang genjang maupun belah ketupat.

Kita tahu luas persegi adalah panjang sisinya di kuadratkan. Luas persegi panjang adalah panjang kali lebar. Sedangkan luas segitiga alas kali tinggi dibagi dua. Luas lingkaran pi kali jari-jari dikuadratkan. Begitu seterusnya.

Anda bisa merefresh ingatan Anda untuk masing-masing bentuk ruang tersebut. Jika perlu, cari di google terlebih dulu apa rumus luas bangun ruang agar tidak salah hitung pada langkah selanjutnya.

Menghitung Luas Ruangan dengan Bantuan Ubin Keramik Lantai

cara menghitung luas ruangan m2 Selain menggunakan alat ukur dan pembanding lain tadi, ada cara simpel yang bisa kita lakukan untuk sekedar mencari gambaran umum luas suatu ruangan.

Cara ini adalah dengan memanfaatkan ukuran lantai di ruangan tersebut. Kita tinggal mengalikan jumlah keramik yang ada di ruangan dengan ukuran dari keramik.

Standarnya keramik memiliki ukuran sebagai berikut:

  1. Ubin keramik kuran kecil 20x20cm.
  2. Keramik ukuran standar 30x30cm.
  3. Ukuran sedang 40x40cm.
  4. Lantai keramik ukuran besar 45x45cm.
  5. Ukuran ekstra besar 50x50cm

Menghitung Luas Ruangan

Trik ini untuk menemukan gambaran kasar luas ruangan saja, karena sebenarnya jarak antar keramik biasanya masih ada lis lantai semenan plur kecil. Luasnya sekitar 30 mm, kecil sih. Kalau ukuran sangat luas, Anda bisa hitung juga penyekatnya ini. Agar lebih presisi hitungannya.

Leave a Comment