Pentingnya Tata Krama Bagi Sekretaris

Alasan Betapa Pentingnya Tata Krama bagi Sekretaris

Jabatan menjadi seorang sekretaris pimpinan adalah posisi yang sangat penting bagi bisnis. Sebuah perusahaan yang memiliki C-level wajib membuka lowongan pekerjaan sekretaris, karena brand atau citra suatu lembaga akan meningkat jika pemimpinnya ada sekretarisnya.

Sebagai seorang sekretaris, tuntutan untuk selalu menjadi pribadi yang baik adalah suatu keharusan. Karena rahasia organisasi tertinggi ada di dirinya, sehingga tidak hanya penampilan saja, seorang sekretaris wajib memiliki kompetensi yang bisa diandalkan, demi kelancaran proses bisnis di lembaga tersebut.

Sekretaris menjadi andalan bagi lembaga, sehingga harus memiliki sifat yang ideal di hadapan staf atau karyawan lainnya. Bahkan, sekretaris harus memiliki integritas yang lebih dibanding orang lain. Sekretaris tidak hanya sekedar asisten lo, sekarang ini tuntutan agar lebih cekatan terhadap segala bentuk pekerjaan mesti dikuasai lebih mendalam.

pentingnya-tata-krama-bagi-sekretaris

Pada pembahasan kali ini, kita akan fokus pentingnya tata-krama bagi sekretaris, adapun perilaku seperti apa yang dianggap bertatakramabaik, berikut penjelasannya lebih lanjut.

Tata-krama bagi Sekretaris

Beberapa hal berikut ini adalah tata krama bagi sekretaris yang mesti diperhatikan sbb:

  • Tata Krama Berbicara

  1. Tidak boleh menyinggung perasaan pihak lain
  2. Dilarang memuji diri dan bergosip
  3. Hindari membicarakan hal yang bersifat pribadi
  4. Tidak memotong pembicaraan orang lain
  • Cara Mendengarkan

Sekretaris wajib bisa mendengarkan orang lain, lebih-lebih kepada orang yang memiliki hajat untuk bertemu pimpinan atau atasan sekretaris. Bisa saja tamunya itu memiliki posisi yang luar biasa penting, jadi kemampuan mendengar memiliki porsi yang sangat penting

pentingnya tata krama bagi sekretaris

  • Cara Ketika Bersikap

  1. Menjaga rahasia pimpinan
  2. Tidak ceroboh
  3. tidak membesar-besarkan masalah sepele.
  4. Mampu bertugas ganda
  5. Loyal pada perusahaan
  6. Flexibel dalam bekerja dan waktu bekerja
  7. Tidak boleh menerima suap
  8. Kooperatis dengan stakeholder
  9. Mampu bekerja maksimal meskipun tanpa pengawasan
  10. Bertanggung jawab
  • Tata Cara Berjalan

Percaya diri ketika berjalan, tidak terkesan lemah dan tidak semangat dalam beraktivitas. Hal ini karena sekretaris bertugas melayani pejabat/pemimpin, sehingga disegala aktivitas harus mencerminkan pribadi yang selalu menampilkan aura positif.

  • Berpenampilan Rapi

Pakaian yang rapi dan tidak mencolok menjadi hal yang perlu ditekankan, tanpa kerapian tentu penilain orang akan merendahkan. Sehingga, bisa jadi citra pimpinan juga bisa saja jelek. Oleh karena itu, penampilan yang rapi dan bersih adalah suatu keniscayaan.