Perhitungan Tebal Kaca Aquarium

Ketika anda ingin membuat sebuah aquarium, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan, di antaranya yaitu perhitungan tebal kaca aquarium.

Pada umumnya, kaca aquarium yang baik dan bagus itu dibuat dari bahan kaca optic-clear. Sebab, kaca aquarium yang banyak digunakan khususnya untuk memelihara ikan.

Maka tentunya akan berhadapan dengan tekanan air yang perlu diperhitungkan dan disesuaikan dengan tingkat kekuatan dari kaca aquarium itu sendiri.

Pada artikel ini, akan dibahas Perhitungan tebal kaca aquarium yang akan anda perlukan, agar aquarium buatan anda tidak akan mudah pecah.

Hal-hal yang Perlu Anda siapkan

Hal Pertama yang perlu anda tentukan dan siapkan yaitu berapa ukuran panjang, lebar, dan juga tinggi kaca aquarium yang akan anda buat. Serta faktor pendukung keamanan atau safety factor yang didasarkan pada luas area dalam bidang akuarium anda.

Faktor untuk keamanan atau safety factor pada aquarium ditentukan dari bahan kaca yang digunakan, misalnya kaca tempered atau pun kaca heat-strengthened.

Kaca tempered mempunyai tingkat safety factor sebesar 3, sedangkan pada kaca biasa tingkat safety faktor berada di angka 6.

Akrilik juga memiliki kekuatan lebih tebal dan awet dibanding kaca buat akuarium, simak zat pengencet cat akrilik. Sayangnya akrilik mudah kotor tidak seperti kaca.

Kalkulator Perhitungan Tebal Kaca Aquarium

tebal kaca aquarium

untuk memudahkan Perhitungan tebal kaca aquarium, anda bisa menggunakan kalkulator online yang bisa anda akses tanpa biaya di situs easycalculation.com.

Situs ini merupakan sebuah platform yang akan memudahkan anda untuk menghitung secara akurat ketebalan kaca yang akan anda butuhkan berdasarkan ukuran rancangan aquarium yang akan anda buat.

Bahkan, kalkulator online ini bisa juga membantu anda saat menghitung besaran volume aquarium anda, ukuran luas kaca, ukuran berat kaca, serta berat air yang ada dalam aquarium tersebut.

Sebagai contoh, misalnya anda merancang sebuah akuarium berukuran sebagai berikut :

1) Panjang 100 cm

2) Lebar 50 cm

3) Tinggi 50 cm

4) Faktor keamanan 3, dengan menggunakan kaca tempered.

Jika anda menginputkan ukuran-ukuran di atas pada kalkulator online. Maka besarnya ketebalan kaca aquarium yang anda butuhkan adalah minimal dan tidak boleh kurang dari 8mm.

Ada beberapa ukuran ketebalan kaca yang umumnya tersedia dan mudah anda dapatkan, yaitu ukuran 5mm, 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, dan 15mm.

Jika ukuran yang anda butuhkan lebih dari 15 mm, maka anda perlu memesannya secara khusus.

Hal Penting Terkait Ukuran Aquarium

Perhitungan Tebal Kaca Aquarium

Perlu anda ingat bahwa setiap ukuran aquarium memerlukan ketebalan kaca yang berbeda dan mesti sesuai. Hal ini karena ia diperlukan untuk menahan tekanan air dari dalam aquarium anda.

Semakin besar sebuah aquarium, maka akan semakin tebal kaca yang akan anda butuhkan.

Jenis Kaca yang sering digunakan untuk pembuatan aquarium adalah jenis kaca bening. Merk kaca yang terkenal bagus dalam hal ini adalah kaca bermerk asahi dan juga bermerk mulia.

Sebenarnya, masih sangat banyak merk kaca selain dari 2 kaca tersebut. Misalnya merk Magi, merk Mycotama, merk Agi, dan merk Aga.

Namun perlu anda ketahui bahwa Kaca merk apapun akan sangat bagus untuk aquarium jika ukuran aquarium tersebut sebanding dengan ketebalan kaca yang anda gunakan.

Selain itu, Ada 2 Jenis tipe kaca selain dari jenis kaca biasa yang paling sering digunakan dalam pembuatan aquarium besar, diantaranya yaitu :

  1. Kaca Tempered

Kaca berjenis tempered adalah kaca biasa yang dibuat dengan proses pemanasan menggunakan suhu 300 derajat celcius.

Poses ini membat kaca tempered 3 hingga 5 kali lebih kuat daripada kaca biasa, serta lebih tahan pula terhadap tekanan volume air yang besar.

Meskipun demikian, Kaca tempered sangat susah dipotong sesuai kebutuhan. Jadi, sebelum anda memesan kaca tempered, pastikan bahwa ukuran kaca yang anda pesan sudah sesuai ukuran yang anda butuhkan.

  1. Kaca Laminated

Kaca dengan laminated adalah kaca dengan ukuran yang sama, namun digabung untuk memenuhi kebutuhan menjadi 1

Misalnya anda membutuhkan 1 lembar kaca 20mm, maka anda pun menggabungkan 2 lembar kaca 10 mm untuk menghemat biaya, daripada anda harus membeli lagi kaca setebal 20 mm dengan harga yang tentunya lebih tinggi.

Fiberglass mirip dengan kaca, sama-sama bening tapi lebih kuat sehingga lebih aman karena tidak rentan pecah. Baca artikel kami tentang struktur fiberglass, ini yang menyebabkan bahannya kuat dan lebih awet.

Leave a Comment