Plexiglass | Pengertian, Jenis, dan Keunggulannya

Seringkali kita mendengar kata plexiglass bahkan kata itu tak asing lagi ditelinga kita. Namun ada sebagian orang yang belum tahu arti plexiglass. Plexiglass adalah merk elastomer akrilik terbuat dari bahan poli (metil metakrilat yang diproses secara ekstrusi dan pengecoran.

Karena pembuatan plixeglass melalui Proses ekstruksi sehingga menjadikannya mudah diproses. Umumnya Plexiglass dikenal sebagai gelas gelatin dan akrilik.

Namun jika dibandingkan dengan Akrilik standar maka Plexiglass jauh lebih mahal disebabkan kemurniannya yang tinggi. Meskipun sering disamakan dengan akrilik.

Plexiglass memiliki beberapa perbedaan dengan akrilik pada umumnya. Jika dibanding dengan akrilik.

Maka Plexiglass memiliki beberapa kelebihan yaitu transparansi yang lebih baik, tahan diberbagai cuaca, berkekuatan tinggi, mudah diwarnai, mudah diproses, peredaman suara yang baik, tampilan yang lebih indah.

Plexiglass merupakan istilah populer untuk bahan polimer yang transparan yang terbuat dari berbagai bahan organik dan transparan seperti kaca.

Dan Kita pun sering menjumpai plexiglass dimana saja, karena sangat banyak jenis barang yang diproduksi menggunakan Plexiglass sebagai bahan baku.

Jenis-jenis Plexiglass

plexiglass adalah

Plexiglass juga dapat dibentuk dengan berbagai jenis yaitu :

  1. Plexiglass transparan berwarna

Jenis ini telihat lembut daripada warna terang sehingga membuat pemandangannya lebih indah.

Karena itulah banyak konsumen dari berbagai kalangan memahami plexiglass hemat biaya lalu membeli jenis transparannya.

  1. Plexiglass jenis mutiara

Dalam proses produksi plexiglass tipe ini akan di tambahkan bubuk mutiara, sehingga  menghasilkan produk yang memiliki warna yang lebih cerah dan kehalusan pemukaan yang berkualitas tinggi.

Sehingga memiliki efek artistik yang sangat indah dan unik.

Simak juga artikel kami yang membahas tentang account officer mikro

  1. Plexiglass jenis embossing

Plexiglass timbul (embossing) ini dibentuk sedemikian rupa sehingga permukaannya timbul. Produk ini sering digunakan dalam produk dekorasi jendela dan pintu dalam ruangan.

Plexiglass timbul memiliki transmisi cahaya yang baik dan juga tembus cahaya, sehingga dianggap sebagai partisi ruang yang memberi pencahayaan dengan privasi yang lebih efektif.

Seperti yang sudah disebutkan bahwa plexiglass itu umumnya disamakan dengan akrilik Namun memiliki perbedaan.

Perbedaan Antara Akrilik dan Kaca Plexiglass

plexi glass

Dalam proses pembuatannya, Akrilik standar juga sering dibuat menggunakan metode ekstrusi, yang biayanya rendah. Sedang Plexiglass dibuat dengan proses ekstrusi dan pengecoran.

Berikut artikel kami tentang apa yang menjadi objek pengamatan IPA, simak lebih lanjut.

Proses ekstrusi memiliki kelemahan tertentu, contohnya tingkat kebersihan yang rendah dan hasil produknya tidak keras jika dibanding dengan pengecoran.

Meski demikian kaca Plexiglass dan Akrilik disatukan ke kelompok elastomer yang setara. Yang mana Akrilik adalah elastomer dan Plexiglass adalah bagian dari akrilik.

Pada umumnya elastomer akrilik dikenal sebagai karet khusus dikarenakan tahan panas, dan tahan pelarut dengan kualitas terbaik.

Elastomer akrilik juga digunakan dalam banyak lini, termasuk di suku cadang otomotif, resin, pengikat dan lain sebagainya.

Selain itu, Produk Plexiglass juga digunakan sebagai bahan baku dalam membuat monitor komputer, kaca struktural, peredam suara, jendela kabin pesawat dan lain – lain.

Beberapa karakteristik Plexiglass

  1. keunggulan dalam transparansi. Harga murah serta mudah diaplikasikan sebagai bahan pengganti kaca. Mudah diwarnai, memiliki tampilan yang indah dan menjadi pilihan dalam bidang industri konstruksi
  1. bahan memiliki ketahanan dan kekuatan tinggi serta tahan terhadap benturan hingga 18 kali lebih tinggi dari kaca biasa.Bobot molekul relatif PMMA yaitu kisaran 2 juta yang merupakan dari senyawa polimer rantai panjang yang dibentuk oleh molekul yang sangat lunak.
  1. memiliki bobot yang ringan. Kaca Plixeglass berbobot 1,18g /cm3. Bobot yang ringan sama berat hanya setengah dari kaca biasa.
  1. mudah dibentuk dan diproses. Plexiglass dapat dipotong dengan mesin bubut, di bor dengan mesin bor.

Keuntungan Penggunaan Plexiglass

plexiglass slate adalah

Keuntungan Penggunaan Plexiglass adalah sebagai berikut:

  1. nilai estetika Plexiglass : adanya efek cermin, indah, tidak ada jahitan dan keriput,
  2. beberapa efek visual dari Plixeglass yaitu berbagai macam warna, serta visual yang bagus.
  3. transparansi mencapai 95%, sangat bagus dan cahaya lembut.
  4. daya tahan produk yang baik.
  5. transparansi yang sangat baik, mengurangi sumber cahaya, dan hemat biaya penggunaan
  6. tahan hujan, tahan panas, mudah dibersihkan dan mudah perawatan.