Pola dan Ukuran Bantal Hamil

Pola dan Ukuran Bantal Hamil | Bantal hamil adalah sebuah bantal yang dirancang khusus untuk kenyaman tidur bagi seorang ibu hamil, bantal ini memiliki bentuk dan ukuran yang jauh lebih besar daripada  bantal umumnya. Biasanya, sebuah bantal hamil dibuat dengan bentuk ukuran U ataupun L.

Berikut ini adalah cara membuat pola dan ukuran bantal hamil, yaitu:

  1. Anda perlu menyiapkan bentuk bantal yang cocok untuk anda gunakan. Sebab, Bantal hamil mempunyai banyak pola dan bentuk, aad yang I, G, L, dan juga U. Namun, Bantal yang sering kali banyak digunakan adalah bantal bermodel U, sebab ia dapat menopang dengan baik seluruh tubuh Anda.
  2. Buatlah pola rancangan bantal pada sebuah kertas yang keras.
  3. Siapkanlah kain berbahan katun ataupun linen dengan tekstur halus.
  4. Cetaklah pola pilihan anda di atas kain tersebut, setelah itu guntinglah sesuai gambar pola.
  5. Jahitlah kain tersebut sesuai pola pada mesin jahit, agar anda memperoleh kekuatan jahitan bantal maksimal, jahitlah kain tersebut dengan dua kali jahitan pada semua sisinya.
  6. Isilah kain bantal yang telpah selesai anda jahit dengan menggunakan bahan lembut seperti bahan velcro.
  7. jahitlah semua bagian bantal yang belum dijahit.

Ukuran Bantal Hamil

ukuran bantal hamil

Biasanya, bantal hamil yang sering digunakan ialah 145 x 77 cm dengan bentuk U. Sebab, bentuk dan Ukuran tersebut terbukti mampu memberi kenyamanan bagi seorang ibu hamil pada bagian perut, kepala, punggung, dan juga paha.

Manfaat penggunaan bantal hamil

Selain untuk kenyamanan, sangat banyak sekali manfaat menggunakan bantal hamil, yaitu:

  1. Membantu badan supaya tidak mudah merasa pegal.
  2. Membuat ibu hamil tertidur nyenyak.
  3. Membantu rileksasi otot.
  4. Melancarkan aliran darah.

Simak juga bagaimana cara membuat tangga lipa untuk loteng, ternyata mudah lo. Jadi lebih praktis ketika mesti benah-benah.

Memilih bantal untuk kehamilan

cara membuat bantal hamil

Bantal hamil memiliki berbagai ukuran, ada yang kecil dan ada juga yang besar. Dalam hal ukuran, sebaiknya anda menyesuaikannya dengan ukuran ruangan tempat anda akan memakai bantal tersebut.

Adapun mengenai bentuknya, sangat bervariasi sesuai kenyamanan bagi masing-masing ibu hamil. Pilihlah bantal sesuai dengan bentuk kenyamanan anda.

Jika anda menginginkan bantal yang terasa hangat, sebaiknya anda memilih bantal berbahan katun daripada bantal berbahan polyester.

Sebagaimana umumnya, Bantal biasanya berfungsi untuk sandaran kepala, namun bantal bagi ibu hamil didesain khusus untuk membantu meredakan berbagai rasa tidak nyaman dan nyeri pada tubuh.

Seorang Ibu hamil bisa memakai bantal hamil sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya. Khususnya Saat perutnya sudah semakin membesar.

Bentuk Bantal Hamil

Mengutip dari halaman situs The Bump, berikut ini adalah berbagai bentuk dan  pola bantal untuk ibu hamil yang sering digunakan, yaitu:

  1. Bantal berbentuk huruf U

Bantal dengan bentuk yang satu ini ukurannya menyesuaikan dengan ukuran tubuh sang ibu hamil. Sesuai bentuk dan namanya, bantal ini dirancang khusus membentuk huruf U dengan bagian yang agak tinggi sekeliling penggunanya.

Bantal yang satu ini mampu melakukan dan memenuhi semua kebutuhan ibu hamil saat akan tidur . Misalnya  untuk menopang bagian kepala, mengganjal bagian leher, menopang bagian punggung, tumpuan bagian pinggul, mengalas dan mengganjal bagian kaki, serta memiliki pebahan khusus pada bagian perut yang besar bagi seorang ibu hamil.

  1. Bantal berbentuk huruf C

pola dan ukuran bantal hamil

Batal hamil dengan model Ini merupakan jenis dan model lainnya dari berbagai model bantal hamil. Ukuran bantal ini sangat besar, akan tetapi bentuknya menyerupai huruf C, dan bukan berbentuk huruf U seperti pada model nomor 1 di atas.

Dengan pola berbentuk huruf C seperti ini, bantalnya akan melengkung mengitari seluruh tubuh ibu hamil, untuk kemudian menopang bagian punggung, dan juga bagian tonjolan, khususnya pada perut ibu hamil.

  1. Bantal Hamil wedge

Jenis  bantal hamil wedge adalah bantal hamil yang ukurannya jauh lebih kecil serta harganya lebih murah dibandingkan dengan bantal ibu hamil lainnya. Sebab, bantal Ini hanya dirancang khusus untuk menganjal bagian badan tertentu yang ditargetkan.

  1. Bantal hamil tiup

Bantal hamil jenis Ini merupakan bantal hamil yang paling besar, ia dirancang dengan model dan bentuk seperti sekoci kapal (kapan perahu angin penyelamat). Banta jenis Ini dilengkapi juga dengan sebuah lubang agar ibu hamil dapat menempatkan perutnya.