Sikap dan Perilaku Wirausaha

Apa saja Sikap dan Perilaku Wirausaha yang Wajib Diketahui?

Menjadi pelaku wirausaha mesti memiliki sikap yang tangguh, tidak sembarangan karena wirausahawan memiliki jiwa yang selalu siap menghadapi risiko rugi dan siap menghadapinya. Perilaku wirausaha juga menjadi hal yang penting, karena dia melekat pada tindakan yang akan dilakukannya.

Pada artikel ini, kami akan jelaskand apa saja sikap dan perilaku wirausaha yang wajib Anda ketahui, terlebih jika kamu adalah seorang entrepreneur atau ingin menjadi pengusaha.

Sikap dan Perilaku Wirausaha yang Paling Penting

Berikut ini adalah sikap dan perilaku wirausaha sebagai berikut:

  1. Tidak meratapi kegagalan
  2. Tidak puas dengan hasil yang diraih, selalu meningkatkan kualitas
  3. Memahami produk serta target pasarnya
  4. Cermat melihat apa yang sedang tren terkini
  5. Tidak ragu menjalin kerjasama atau networking
  6. Selalu belajar suka mendengarkan orang lain
  7. Jeli mencari celah pemasaran
  8. Suka berkomunitas
  9. Suka berbagi ilmu dengan orang lain

sikap-dan-perilaku-wirausaha

Sikap Wirausaha

  • Wirausaha mampu berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif
  • Pengusaha juga siap bekerja tekun, teliti dan produktif
  • Bersikap mampu untuk berkarya berlandaskan etika bisnis yang sehat
  • Memiliki kemampuan berkarya dengan semangat kemandirian
  • Mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sisitematis dan berani mengambil resiko

Perilaku Wirausaha

  • Memiliki percaya diri yang tinggi

Wirausaha wajib memiliki pendirian yang teguh. Hal ini membuat pengusaha tidak tergantung pada orang lain, selain itu dia juga memiliki kepribadian yang baik karena selalu optimis terhadap pekerjaan sebagai wirausaha.

  • Selalu berorientasi pada tugas & hasil

Seorang entrepreneur juga harus memiliki perilaku yang haus akan prestasi, fokusnya selalu pada laba / hasil. Hal ini membuat ia memiliki ketekunan dan ketabahan serta mempunyai dorongan kuat, motivasi tinggi dan kerja keras. Dia tidak tergantung pada keadaan.

  • Siap mengambil resiko

Pengusaha memiliki perilaku yang enerjik dan berinisiatif, hal ini karena dia memiliki kemampuan mengambil resiko kerugian yang bisa jadi dia dapatkan, sehingga jiwanya suka pada tantangan. Dia juga sudah memiliki kesiapan menerimanya / konsekuensinya, sehingga memiliki cadangan strategi yang tepat untuk langkah kedepan.

sikap dan perilaku wirausaha

  • Kepemimpinan atau leadership

Bertingkah laku sebagai pemimpin berarti ia tidak lemah seperti layaknya pekerja kantoran, dia dapat menanggapi saran-saran dan kritik dari orang lain dan dapat bergaul dengan orang lain dengan ramah.

  • Keorisinilan / unique

Memiliki pendirian yang inovatif, kreatif dan fleksibel. Suka keunikan, produk yang dia jual memiliki perbedaan dengan yang lain serta serba bisa dan mengetahui berbagai hal berkaitan dengan produk, pasar, dan pelanggan. Oleh karena itu seorang wirausahawan mempunyai banyak sumber kemampuan baru

  • Berorientasi ke masa depan

Menjadi entrepreneur ketika melaunching produk, dia mememiliki pandangan ke masa depan, sehingga dia memiliki feel untuk selalu optimis memandang masa depan. Hal ini membuatnya selalu memiliki insting akan hal baru yang bisa saja dia tebak berdasarkan pengalaman yang ia miliki