Tips Cara Memilih HP Android yang Bagus & Berkualitas

Sejak pertama kali smartphone Android diperkenalkan kepada publik pada tahun 2008 lewat HTC G1 (Dream), sekarang Android telah menjelma menjadi mobile operating system paling popular di dunia.

Android memimpin dengan penjualan sebanyak hampir 75%  di kuartal pertama ini, dan ini baru data untuk Amerika Serikat saja. Dapat dibayangkan bagaimana popularnya Android saat ini.

tips memilih hp

Sampai pada saat ini, ratusan juta ponsel Android telah membanjiri pasar mobile phone beserta tablet, baik itu besutan dari vendor besar seperti Samsung, HTC, Sony, LG, ataupun vendor lokal.

Seakan semua vendor tak ingin kalah bersaing menghadirkan beragam fitur dengan beragam range harga, dengan harapan dapat menjangkau semua lapisan masyarakat.

Dari sekian banyak pilihan yang ditawarkan kepada konsumen, tentunya sekian banyak pilihan tersebut akan menimbulkan kebingungan, khususnya kepada konsumen yang masih belum terlalu melek gadget dan perangkat elektronik lainnya. Jadi harus seperti apa?

Tentunya Anda tidak ingin salah membeli bukan? Berikut ada beberapa tips yang dapat dijadikan panduan awal memilih handphone atau gadget Android yang ingin dibeli.

Budget Memilih Smartphone Murah

Sudah pasti hal ini tentunya adalah pertimbangan pertama untuk membeli hp. Pada umumnya, kelas handphone yang ditawarkan adalah entry level, mid-range, dan high-end­.

tips memilih android

Hal yang penting disini adalah memastikan apakah harga yang dipasang untuk HP tersebut pantas dibayarkan untuk barang itu sendiri; istilah kerennya value-for-money.

Fitur Utama Ponsel yang akan Digunakan

Langkah selanjutnya tanyakan kepada diri Anda sendiri, apa fitur yang menjadi keutamaan atau pertimbangan ketika akan membeli sebuah ponsel.

Apakah Anda suka fotografi? Tentunya fitur kamera menjadi pilihan utama. Apakah Anda akan banyak men-download aplikasi nanti? Besar kapasitas handset tentunya akan menjadi pertimbangan.

Untuk kelas smartphone high-end, kebanyakan vendor sudah melengkapi ponselnya dengan fitur-fitur kelas atas.

Tapi untuk kelas mid-range dan entry level, tentunya pilihan ini menjadi lebih terbatas.

Buat prioritas kegunaan yang sekiranya akan Anda gunakan dengan lebih utama daripada fitur lainnya.

Pelajari Spesifikasi HP Terlebih Dahulu

Pada umumnya, ini yang sering kali dilewatkan oleh calon pembeli ketika akan membeli smartphone android baru.

Lebih terfokus dengan fitur yang ditawarkan iklan dan pihak penjual. Disarankan pembeli untuk meminta spesifikasi kepada pihak penjual.

Biasanya disana terdapat banyak informasi yang tidak dicantumkan dalam lembaran iklan hp itu sendiri, misalnya kapasitas baterai, ketersediaan fitur 3G, dan banyak lainnya.

Memori/ Kapasitas Smartphone

Umumnya ini tidak menjadi masalah pada ponsel kelas high-end, tapi khususnya untuk kelas ­mid-range­ atau bahkan ­­entry level, hal ini tidak boleh diabaikan.

Besarnya kapasitas menentukan seberapa banyak aplikasi dan data yang dapat Anda benamkan ke dalam smartphone tersebut.

Yang perlu menjadi perhatian adalah, kapasitas yang tertera dalam spesifikasi smartphone tertentu adalah kapasitas smartphone dalam keadaan kosong. 

tips membeli hp

Artinya jika Anda akan membeli hp android dengan kapasitas memori 8GB, Anda tidak akan mendapatkan 8GB seperti yang tertera dalam brosur.

Kapasitas tersebut sudah terlebih dulu dikurangi dengan aplikasi system yang dibutuhkan untuk menjalankan smartphone tersebut, dan sisa tersebut yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan data Anda.

Dengan atau Tanpa Memori Card Slot

Kebanyakan penjualan smartphone Android mid-range dan entry level menyertakan fitur ini pada smartphone mereka, tetapi tetap masih ada smartphone yang tidak mengikutkan fitur ini.

Anda harus tetap jeli jika Anda ingin membeli smartphone tanpa fitur ini, apakah dalam kurun waktu ke depan kapasitas ini cukup untuk kebutuhan Anda?

Contoh produk yang tidak mengikutkan fitur ini adalah Sony Xperia P, yang menyediakan 16GB tanpa slot kartu memori (hanya tersisa 13GB secara aktual untuk digunakan konsumen).

Umur Ponsel Android Baru

Yang dimaksudkan dengan umur smartphone disini bukan kualitas smartphone tersebut, tetapi eksistensi smartphone tersebut di pasaran.

Umumnya smartphone yang lebih populer lebih bertahan lama di pasaran daripada hp yang yang kurang terkenal seperti varian dual sim dari ponsel utama (Galaxy Young Duos, Galaxy Ace Duos, Xperia E dual, dsb), serta ‘versi ekonomis’ dari smartphone utama (Galaxy S3 Mini, Galaxy S4 Mini, dsb).

Efek langsung yang terasa adalah ketersediaan aksesoris non-resmi, tentunya akan lebih terbatas daripada smartphone yang lebih banyak dipakai oleh orang lain, misalnya seperti BlackBerry dulu ketika berada pada masa jayanya.

OS Android Support Kualitas Bagus

Android adalah OS yang cukup sering memberikan update dan fitur terbaru, khususnya kepada varian brand miliknya sendiri Google Nexus.

Untuk handset yang diusung vendor lain, tentunya kebijakan update OS sepenuhnya menjadi keputusan vendor yang bersangkutan.

Secara umum OS yang lebih baru membawa perbaikan dan fitur daripada OS sebelumnya. Dan support terhadap OS yang lebih lama perlahan akan ditinggalkan.

Direkomendasikan paling tidak OS Android versi Ice Cream Sandwich (OS 4.0 – 4.0.4) sebagai batas minimal.

Meski Android OS Gingerbread  (2.3) masih banyak supportnya hingga sekarang, tapi pertimbangannya adalah Anda akan menggunakan handsetnya untuk jangka waktu yang lama.

Vendor Terkemuka Vs. Vendor Lokal

Keunggulan Vendor/Brand lokal tentunya ada pada bundling harga yang ditawarkan kepada konsumen, dengan fitur yang tidak kalah dengan produk vendor terkemuka yang sama kelasnya. Pilihan tentunya akan menjadi sangat relatif bagi tiap konsumen.

Khususnya untuk vendor lokal, perhatikan pada ketersediaan service centre dan ketersediaan spare part, untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada handset seperti jatuh, LCD rusak/pecah, dsb.

Tanya kepada Orang yang Telah Menggunakan

Review dari orang yang telah menggunakan handset tersebut secara langsung tentunya akan menjadi masukan yang paling baik.

Performa handset tersebut dalam melakukan banyak performa real-time akan diuji disini, misalnya kualitas layar di bawah sinar matahari, kejernihan suara saat menerima telepon, ketahanan baterai, performa asli (banyaknya lag atau tidak, restart sendiri), serta masukan lainnya tentu akan menjadi masukan berharga sebagai bahan pertimbangan Anda.

Apabila Anda tidak berhasil menemukan orang yang menggunakannya, banyak forum di internet dan website review handset dan handphone mengulas berbagai produk.

Itu adalah hal yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan sebelum akhirnya membeli handset Android. Selain poin-poin di atas, yang harus tetap diingat adalah: tidak ada produk yang sempurna.

Semua produk memiliki kelebihan dan kekurangan, dan bagaimana kita menyesuaikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan kita. Akhir kata, happy buying!