Tips Mengusir Kebosanan di Rumah saat Work From Home (WFH)

Pandemi Covid-19 yang menyerang dunia membuat banyak perusahaan menerapkan pola kerja yang mengikuti anjuran WHO, yaitu memberlakukan social distancing di tempat kerja.

Bahkan untuk daerah dengan zona merah, sistem kerja Work From Home (WFH) diperintahkan oleh pemerintah daerah melalui payung hukum PSBB (Pembatasan Sosial Bersakal Besar).

Diharapkan dengan cara itu, dapat mengurangi transmisi penularan virus corona. Kita tahu saat ini, pemerintah sedang kesusahan mencegah penularannya, karena sifat virus yang mudah bermutasi dan menular.

Yang dilakukan pemerintah saat ini hanya menurunkan tingkat kematian sekecil-kecilnya dan meningkatkan index pasien yang sembuh sebesar-besarnya.

Bagi Anda yang sedang menjalani work from home (WFH), tentu merupakan tantangan sendiri. Apalagi yang belum terbiasa kerja remote. Suasana yang kurang mendukung, diganggu si kecil. Dan berbagai macam distracting lainnya.

Simak yuk tips agar efektif dalam bekerja di rumah dibawah ini:

Hindari bekerja di tempat tidur

tips atasi boring saat wfh

Bekerja di tempat tidur memang nyaman, tetapi biasanya hal ini tidak akan berlangsung lama.

Rasa nyaman dan empuk pada kasur, akan membuatmu mengantuk. Belum lagi sensasi bantal dan guling, wah dijamin gak sampe sejam, udah tidur duluan.

Fungsikan tempat tidur untuk beristirahat setelah bekerja. Karena kita terbiasa bekerja di kantor dengan posisi duduk atau di lapangan dengan mata terjaga, sangat tidak efektif jika kita memanjakan diri untuk bekerja sambil rebahan.

Siapkan ruang khusus untuk bekerja

Daripada bekerja di kamar tidur, lebih baik jika Anda menyiapkan ruangan khusus yang memang disiapkan untuk fokus bekerja. Dengan menyiapkan meja dan kursi yang sengaja disiapkan untuk memusatkan konsentrasi ke pekerjaan, Anda pun bisa menyelesaikan tugas Anda.

Tips dari rekan saya yang bekerja secara remote working, dia sudah bertahun-tahun bekerja di rumah menjadi karyawan perusahaan luar negeri. Beliau mendesain bekerja menghadap tembok, bahkan kanan dan kiri juga tembok. Meja nempel tembok, hal in membuatnya dapat menyelesaikan deadline yang sangat padat.

Jika tidak memungkinkan sebenarnya tidak mesti ruangan khusus, cukup siapkan meja kerja atau meja lipat duduk sekalipun. Pokoknya samakan nuansanya seperti kita kerja. Dengan metode ini, alam bawah sadar anda akan merasa ini adalah saatnya bekerja.

Bicara dengan pasangan agar saling mengerti

Komunikasi yang lancar dengan pasangan akan membuat lingkungan kerja WFH lebih baik, misalnya saling mengatur waktu ketika anak-anak mengajak main. Atau ketika pekerjaan sedang sibuk, misalnya sedang rapat atau dipanggil atasan untuk zoom meeting misalnya.

Siapkan kopi atau minuman kesukaan

Siapkan kopi untuk mengusir bad mood Anda, kalau perlu anda bisa mendesain mug yang khusus sesuai lucu-lucu atau yang keren.

Atur posisi view saat kerja untuk menghadap ke luar

Anda bisa menggonta-ganti posisi pandangan mata saat bekerja, jika memungkinkan Anda bisa menata ulang meja kerja agar bisa menghadap pemandangan yang indah di luar sana.

Siapkan tempat tidur yang nyaman

Tempat tidur yang nyaman akan membuatmu relax, pilihlah tipe busa karena selain tidak membuat hidung terganggu, kasur busa juga lebih awet dibandingkan kasur kapuk. Bebas dari gangguan hewan atau kutu tungau. Setelah seharian bekerja, rebahan adalah waktu yang tempat untuk mengistirahatkan pikiran.

Kami rekomendasikan untuk membeliĀ kasur busa inoac di Blibli.com. Tipe kasur ini sangat nyaman, berbahan katun sehingga enak banget. Produk branded yang terkenal, anti kempes bahkan ketika berumur 10 tahun sekalipun. Empuknya pas dan tidak amblas ketika dipakai.

Belajar Parenting bareng pasangan

Tips ini khusus bagi Anda yang sudah berkeluarga, ilmu parenting sangat perlu karena saat ini Anda akan bersama selama 24 jam di rumah. Saling menasehati sesama pasangan agar menerapkan ilmu parenting akan membuatmu semangat dan menghilangkan rasa bosan. Kita tahu, kalau sudah urusan anak, rasanya ingin selalu menyayangi terus. Sehingga semua masalah akan hilang dengan sendirinya.