Zat Pengencer Cat Akrilik

Zat Pengencer cat akrilik | Cat akrilik merupakan sebuah cat warna untuk media lukis yang biasanya digunakan oleh para seniman untuk menggambar atau membuat sebuah gambar berwarna sebagai karya seni. Agar mendapatkan sifat kekentalan dan juga warna yang berbeda ketika melukis. Anda bisa mengencerkan cairan cat akrilik dengan menggunakan zat pengencer cat akrilik.

Dengan campuran zat pengencer ini, Anda bisa juga mendapatkan berbagai bentuk efek yang pada sebelumnya tidak bisa berhasil jika hanya menggunakan cat akrilik murni.

Dengan mencampurkan zat pengencer cat akrilik, efek yang anda hasilkan bisa bervariasi, hal ini karena cat akrilik yang anda encerkan akan memiliki kesamaan dengan zat cat air dan cat minyak.

Untuk mengencerkan cat akrilik, Anda membutuhkan zat pengencer cat akrilik dan cara dasar yang akan dibahas dalam artikel ini.

Setelah membaca artikel ini, Anda akan bisa mengencerkan cat akrilik agar menghasilkan efek menarik dan sesuai kebutuhan dalam karya seni Anda.

Zat pengencer cat akrilik yang bisa anda gunakan dan mudah anda dapatkan dengan harga terjangkau adalah sebagai berikut:

zat pengencer cat akrilik

  1. Maries 752 Medium Cat Acrylic (Rp.34.400)

Pengencer cat akrilik ini tersedia dalam kemasan botol berukuran 100 ml, anda dapat memperolehnya di berbagai online store terkenal yang dapat anda pesan melalui android anda.

  1. Thinner Acrylic 1 Liter (Rp.39.000)

Thinner acrylic merupakan salah satu zat pengencer cat akrilik yang banyak digunakan, zat ini tersedia dalam kemasan 1 liter per kemasannya.

  1. Afduner Botol (Rp.9.000-10.000)

Zat pengencer ini tersedia dalam kemasan botol kecil sesuai harganya, yaitu seukuran botol aqua 250 ml.

  1. Flow (Rp.22.500-53.000)

Flow tidak hanya berfungsi sebagai pengencer cat akrilik, namun juga berperan sebagai pelican permukaan cat serta memperlambat proses mengeringnya cat akrilik pada karya seni anda.

Cara Mengencerkan Cat Akrilik

pengencer cat akrilik

  1. Tambahkan sedikit saja cat ke palet wadah cat.

Anda pun bisa memakai wadah lainnya untuk mencampur cat, yaitu mangkuk maupun wadah plastik. Perlu anda ingat bahwa cairan cat akrilik sangat cepat kering, yaitu hanya dalam waktu 10 sampai 30 menit.

Oleh sebab itu, hindari mengeluarkan banyak cat akrilik sekaligus dari tempatnya, sebab ia akan keras terbuang tidak bisa digunakan.

Agar cat akrilik anda tidak terbuang, Anda perlu menuangkan sedikit demi sedikit cat, sesuai dengan kecepatan dan kebutuhan anda.

  1. Tambahkan sedikit saja air pada wadah cat yang akan digunakan.

Jika gambar atau permukaan yang anda cat hanya sedikit, maka encerkan cat sedikit saja. Sebaiknya, anda juga mengambil kuas dan membasahinya dengan air bersih. Hindari juga menambahkan air Terlalu banyak, karena hal itu akan menyebabkan cat akrilik menjadi sangat encer.

Demikian juga jika anda menambahkan air terlalu sedikit, maka hal itu tidak akan berefek apa-apa pada cat akrilik anda.

Simak juga struktur fiberglass yang penting untuk Anda ketahui.

Agar anda bisa mengencerkan cat akrilik secara pas, anda perlu tuangkan air pada wadah yang berisi cat (yang akan segera digunakan), lalu pakailah kuas dan aduk hingga tercampur secara merata.

bahan untuk melarutkan cat akrilik adalah

  1. Siapkan sebuah handuk kecil atau kain lainnya untuk menyerap air yang berlebihan pada cairan cat anda.

Khususnya saat Anda akan mulai melukis. Sebab, jika pada kuas anda sangat banyak air. Hal itu akan menjadikan cat anda encer dan mudah mengalir dan menyebar ke bagian-bagian gambar yang tidak diinginkan.

  1. Tambahkan Campuran zat ini agar cat anda terhindar dari penggumpalan.

Anda bisa memilih zat pengencer cat akrilik yang telah disebutkan di atas sebagai bahan pengganti air agar proses pengenceran tidak berlebihan.

  1. Anda perlu ingat bahwa komposisi zat tersebut berbagai merk mungkin bisa menghasilkan reaksi bermacam-macam pada cairan cat akrilik anda.

Hal itu tergantung pada jenis dan merk produk ini yang Anda pakai. Oleh sebab itu, pastikan anda mencobanya terlebih dahulu sebelum menambahkannya pada cat yang anda pakai.

  1. Periksa dan selalu control kekentalan pada cat akrilik menggunakan pisau palet.

Anda juga perlu menyiapkan kanvas atau wadah lainnya yang akan Anda gunakan memeriksa kekentalan cat anda. Ketika Anda melakukan pengenceran cat akrilik anda, kekentalan dan warnanya juga akan ikut berubah. Pakailah pisau palet dan aduk cat hingga merata setelah mencampurkan zat pengencer.

  1. Anda perlu menambahkan gesso, yaitu cairan lapisan semilikuid yang berfungsi untuk primer pada permukaan benda yang akan dijadikan media untuk melukis dengan cat akrilik.

Zat pelapis gesso akan menjadikan cat akrilik dan juga cat minyak pada bahan lukisan anda menempel dengan lebih baik dikanvas dan juga permukaan tempat anda melukis. Namun, Anda perlu ingat juga bahwa penggunaan gesso saat mengencerkan cat akan meningkatkan kecepatan menyebarnya. Selan itu, warna campuran gesso akan membentuk garis-garis semburat tidak merata pada warna cat akrilik lukisan anda.