Cara Pasang Wallpaper di Dinding Rumah yang Mudah dan Praktis

Draftgorenh.com – Ingin mempercantik tampilan dinding rumah dengan wallpaper? Tidak perlu khawatir karena pasang wallpaper di dinding rumah sebenarnya mudah dan praktis dilakukan. Berikut adalah cara pasang wallpaper di dinding rumah yang bisa kamu coba sendiri.

Wallpaper adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk memberikan tampilan baru pada dinding rumah Anda. Selain itu, wallpaper juga dapat memberikan kesan yang lebih elegan dan modern pada rumah Anda. Namun, bagi yang belum terbiasa, memasang wallpaper di dinding rumah bisa menjadi hal yang cukup sulit. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memasang wallpaper di dinding rumah dengan mudah.

Persiapan Sebelum Memasang Wallpaper

Persiapan Sebelum Memasang Wallpaper

Sebelum memasang wallpaper, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Pastikan Dinding Bersih dan Rata

Sebelum memasang wallpaper, pastikan dinding dalam keadaan bersih dan rata. Bila dinding kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kain lap atau spons yang dibasahi dengan air sabun. Pastikan dinding benar-benar kering sebelum memasang wallpaper. Selain itu, pastikan juga tidak ada bekas cat yang mengelupas atau terkelupas pada dinding.

2. Ukur Luas Dinding

Sebelum membeli wallpaper, ukur terlebih dahulu luas dinding yang akan dipasangi wallpaper. Hal ini diperlukan agar Anda tidak kekurangan atau kelebihan wallpaper. Selain itu, pastikan juga membeli wallpaper yang cukup untuk menutupi seluruh dinding yang akan dipasangi wallpaper.

3. Pilih Wallpaper yang Sesuai

Pilihlah wallpaper yang sesuai dengan gaya rumah Anda. Ada berbagai macam jenis wallpaper yang bisa dipilih, mulai dari yang berwarna polos hingga yang memiliki motif yang unik. Pastikan juga memilih wallpaper yang memiliki kualitas yang baik agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Cara Memasang Wallpaper di Dinding Rumah

Cara Memasang Wallpaper di Dinding Rumah

Berikut adalah langkah-langkah memasang wallpaper di dinding rumah:

1. Gunting Wallpaper Sesuai Ukuran

Pertama-tama, gunting wallpaper sesuai dengan ukuran dinding yang akan dipasangi wallpaper. Pastikan ukuran yang dipotong sedikit lebih besar dari ukuran sebenarnya untuk menghindari kekurangan saat memasang wallpaper.

2. Oleskan Lem pada Wallpaper

Selanjutnya, oleskan lem pada wallpaper menggunakan kuas atau rol cat. Pastikan lem yang digunakan merata dan tidak terlalu banyak agar wallpaper tidak cepat robek.

3. Tempelkan Wallpaper di Dinding

Setelah itu, tempelkan wallpaper pada dinding secara perlahan dan pastikan posisi wallpaper sudah sesuai dengan yang diinginkan. Pastikan juga wallpaper tidak mengalami kerutan atau gelembung pada saat ditempelkan pada dinding.

4. Ratakan dengan Spatula

Ratakan wallpaper dengan menggunakan spatula atau kain lap yang lembut. Pastikan wallpaper menempel dengan rapat pada dinding dan tidak ada gelembung atau kerutan yang tersisa.

5. Potong Wallpaper yang Berlebihan

Potong bagian wallpaper yang berlebihan menggunakan cutter atau gunting. Pastikan potongan yang dihasilkan rapi dan sesuai dengan ukuran dinding.

Kesimpulan

Memasang wallpaper di dinding rumah bisa menjadi hal yang cukup sulit bagi yang belum terbiasa. Namun, dengan melakukan persiapan dan mengikuti langkah-langkah yang tepat, memasang wallpaper di dinding rumah bisa menjadi hal yang mudah. Pastikan juga memilih wallpaper yang sesuai dengan gaya rumah Anda dan memiliki kualitas yang baik agar tahan lama dan tidak mudah rusak.

Tips Rumah: Cara Pasang Wallpaper di Dinding Rumah

Persiapan

Sebelum memulai, pastikan kamu memiliki bahan-bahan dan peralatan berikut:

  1. Wallpaper
  2. Lem wallpaper
  3. Roller
  4. Gunting
  5. Penggaris
  6. Pensil
  7. Spidol
  8. Spon atau lap bersih

Pembersihan Dinding

Pastikan dinding yang akan dipasangi wallpaper dalam kondisi bersih dan kering. Jika dinding masih terdapat bekas lem atau cat, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu menggunakan amplas atau sikat. Setelah itu, lap dinding menggunakan spon atau lap bersih untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

Pengukuran dan Pemotongan Wallpaper

Sebelum memotong wallpaper, ukur terlebih dahulu tinggi dan lebar dinding. Ukur juga jarak dari dinding ke pintu atau jendela. Setelah itu, potong wallpaper sesuai dengan ukuran yang sudah diukur. Sebaiknya tambahkan 5-10 cm untuk bagian yang akan dilipat pada bagian atas dan bawah wallpaper.

Pengelelingan Wallpaper

Sebelum memasang wallpaper, terlebih dahulu lakukan pengelelingan pada wallpaper yang sudah dipotong. Cara pengelelingan adalah dengan melipat bagian atas dan bawah wallpaper hingga bertemu di tengah. Setelah itu, gulung wallpaper dengan bagian dalam yang terlipat ke dalam dan bagian luar yang terlihat.

Pemasangan Wallpaper

  1. Rekatkan lem wallpaper pada bagian dinding yang akan dilapisi wallpaper menggunakan roller. Usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak lem agar wallpaper tidak mudah terlepas.
  2. Pasang wallpaper dari atas ke bawah dengan hati-hati. Usahakan untuk menyamakan wallpaper dengan garis pinggir dinding atau pintu/jendela yang sudah diukur sebelumnya.
  3. Gunakan roller untuk meratakan dan memastikan wallpaper menempel sempurna pada dinding. Pastikan juga tidak ada gelembung udara di dalam wallpaper.
  4. Setelah wallpaper dipasang, potong bagian yang berlebihan dengan gunting. Pastikan gunting digunakan dengan hati-hati agar tidak merusak dinding atau wallpaper.
  5. Lakukan penyelesaian pada bagian sudut, pintu, atau jendela dengan cara memotong wallpaper sesuai ukuran dan melakukan lipatan agar wallpaper terlihat rapi.

Penyelesaian

Setelah wallpaper terpasang dengan baik, bersihkan wallpaper dari sisa-sisa lem atau debu dengan menggunakan spon atau lap bersih. Jangan lupa untuk memeriksa apakah wallpaper sudah rata dan tidak ada bagian yang terlepas.

Cara Pasang Wallpaper || Jual Wallpaper 082310989451 HOW TO APPLY WALLPAPER | Video

Tips Pasang Wallpaper di Dinding Rumah

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

Berikut adalah alat dan bahan yang perlu Anda siapkan sebelum memulai pasang wallpaper di dinding:

Alat Bahan
Gunting Wallpaper
Pensil Lem Wallpaper
Roller Spidol
Level Kain Lap
Plastik Scraper Air

Tahapan Pasang Wallpaper di Dinding Rumah:

Berikut adalah tahapan yang perlu Anda ikuti saat memasang wallpaper di dinding rumah:

  1. Siapkan dinding dengan membersihkan permukaannya dari debu dan kotoran yang menempel.
  2. Ukur lebar dinding dan potong wallpaper sesuai ukuran dengan memberikan sedikit tambahan ukuran pada ujung atas dan bawah.
  3. Buat garis vertikal pada dinding sebagai pedoman untuk menggantung wallpaper.
  4. Gunakan spidol untuk membuat tanda pada wallpaper dan dinding sebagai panduan saat memasang wallpaper.
  5. Oleskan lem wallpaper pada bagian belakang wallpaper dengan roller.
  6. Pasang wallpaper pada dinding dengan hati-hati sesuai dengan panduan yang telah dibuat pada tahap sebelumnya.
  7. Gunakan plastik scraper untuk menghilangkan gelembung udara yang terjebak di bawah wallpaper.
  8. Potong bagian yang berlebih pada ujung atas dan bawah wallpaper menggunakan gunting.
  9. Bersihkan sisa-sisa lem pada wallpaper menggunakan kain lap yang dibasahi dengan air.

Dengan mengikuti tips dan tahapan di atas, Anda dapat memasang wallpaper di dinding rumah dengan mudah dan rapi. Selamat mencoba!

Cara Pasang Wallpaper di Dinding Rumah

Apa yang harus dipersiapkan sebelum memasang wallpaper?

Sebelum memasang wallpaper, pastikan bahwa dinding yang akan dipasangi wallpaper telah dicat dengan cat dasar atau primer. Hal ini bertujuan agar wallpaper dapat menempel dengan baik pada dinding.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan wallpaper?

Untuk menghitung kebutuhan wallpaper, ukur luas dinding yang akan dipasangi wallpaper dengan mengalikan panjang dan tinggi dinding. Setelah itu, tambahkan sekitar 10-15% dari hasil perhitungan tersebut untuk kebutuhan cadangan.

Bagaimana cara memotong wallpaper?

Untuk memotong wallpaper, gunakan gunting atau cutter. Pastikan untuk mengukur dan memotong wallpaper dengan tepat agar sesuai dengan ukuran dinding yang akan dipasangi wallpaper.

Bagaimana cara memasang wallpaper dengan rapi?

Untuk memasang wallpaper dengan rapi, pastikan bahwa wallpaper dipasang dengan lurus dan tidak miring. Gunakan alat bantu seperti rol untuk memudahkan pemasangan wallpaper. Selain itu, pastikan juga bahwa wallpaper ditekan dengan kuat pada dinding agar tidak terjadi gelembung udara di dalamnya.

Apakah wallpaper mudah dilepas?

Ya, wallpaper mudah dilepas dengan menggunakan air panas dan sabun. Namun, pastikan bahwa dinding tidak rusak ketika wallpaper dilepas.

Cara KPR Rumah Baru yang Mudah dan Cepat

Draftgorenh.com – Memiliki rumah sendiri adalah impian banyak orang. Namun, tidak semua orang mampu membeli rumah secara tunai. Oleh karena itu, Kredit Pemilikan Rumah...
draftgorenh
4 min read

Cara Menghindari Lalat di Rumah yang Efektif

Draftgorenh.com – Lalat seringkali menjadi masalah di rumah. Selain mengganggu kenyamanan, lalat juga dapat menyebarkan penyakit. Oleh karena itu, penting untuk menghindari kedatangan lalat...
draftgorenh
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *